HOME, Keluarga

Begini 4 Cara Mengecek Aktif atau Tidaknya BPJS Kesehatan, Bagi Peserta JKN

Begini 4 Cara Mengecek Aktif atau Tidaknya BPJS Kesehatan, Bagi Peserta JKN

MOMSMONEY.ID - Sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Anda perlu tahu cara untuk mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak. Ada sejumlah cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui kanal online maupun offline. 

Sebab, ada beberapa kondisi yang membuat kepesertaan BPJS Kesehatan seseorang menjadi tidak aktif tanpa disadari oleh peserta tersebut. 

Misal, peserta terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan miliknya. Untuk itu, peserta JKN harus bisa mengetahui cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak. 

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak pun bisa dilakukan dengan berbagai cara yakni melalui aplikasi JKN, WhatsApp, Care Center, dan petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit. Lantas, bagaimana cara cek apakah BPJS Kesehatan aktif atau tidak?

Baca Juga: Gunakan 3 Bahan Alami ini untuk Menghilangkan Ketombe Membandel

4 Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak

Dirangkum dari laman resmi Indonesia Baik, berikut adalah 4 cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak: 

1. Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui aplikasi Mobile JKN

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak juga bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Untuk cara cek kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui aplikasi Mobile JKN bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Mobile JKN melalui AppStore maupun Google Store. 
  • Buka aplikasi Mobile JKN dan login dengan memasukkan NIK, password, dan captcha 
  • Lalu, pilih menu peserta
  • Kemudian, akan muncul kartu digital peserta BPJS Kesehatan. Di kartu digital tersebut akan tertera status kepesertaan BPJS Kesehatan apakah aktif atau tidak

Baca Juga: Perhatikan! Ini 4 Cara Mencegah dan Mengencangkan Kulit yang Keriput

2. Cara cek BPJS Kesehatabn aktif atau tidak di Care Center 

Selanjutnya, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan menggunakan Call Center BPJS Kesehatan. Untuk cek kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa telepon ke nomor 1500400. 

Namun, Call Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400 hanya dapat diakses hingga akhir Desember 2021. Setelah itu, cek apakah BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan melalui Care Center di nomor 165.

3. Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui WhatsApp

Selain itu, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak yakni bisa dilakukan melalui pesan singkat WhatsApp. Caranya dengan melalui chat WhatsApp di nomor 0811-8750-400. Petugas nantinya akan memandu untuk melakukan pengecekan data. 

Baca Juga: Simak, Ini Caranya Beli Token Listrik Prabayar di LinkAja

4. Petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit 

Terakhir, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa melalui petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit yang menjadi rujukan. Petugas dari "BPJS SATU!" berperan dalam Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit.

Jika pada saat dicek status kepesertaannya muncul notifikasi registrasi ulang, maka peserta harus melakukan pembaruan data NIK. 

Pembaruan data ini tidak akan mengurangi hak peserta untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan. Dalam proses registrasi ulang ini peserta menyampaikan pembaruan NIK Dukcapil melalui kanal pelayanan Tatap Muka dan Tanpa Tatap Muka.

Itulah sejumlah cara cek kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News