HOME, Bugar

Begini 4 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas dengan Benar

Begini 4 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Kulit mengelupas pertanda kulit sedang tidak sehat. Kulit mengelupas tentunya membuat penampilan Anda menjadi terganggu dan tidak percaya diri.

Namun, masih ada beberapa cara untuk mengatasi kulit mengelupas ini. Anda bisa mempraktekkannya secara mandiri di rumah. Melansir dari cleanandclear.co.id, inilah cara merawat kulit mengelupas yang benar, yaitu: 

1. Kompres Air Dingin

Cara mengatasi kulit mengelupas pertama yaitu kompres dengan air dingin. Air dingin mempunyai manfaat yang baik untuk kulit seperti membantu memperlambat proses pengelupasan kulit yang berlebih. Selain itu, penggunaan air dingin di wajah juga dapat membantu menenangkan suhu kulit wajah Anda.

Kompres bagian wajah Anda menggunakan handuk khusus wajah atau ice pack selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai, Anda bisa mengeringkan wajah dengan menggunakan tisu dengan cara ditepuk-tepuk.

2. Pilih Face Wash Sesuai Jenis Kulit

Cara mengatasi kulit mengelupas selanjutnya adalah pilih face wash sesuai jenis kulit. Setiap jenis kulit wajah mempunyai kebutuhan masing-masing. Disarankan pilihlah produk face wash yang mengandung bahan lemon. 

Lemon dikenal sebagai bahan alami yang dapat membantu mengangkat sel kulit yang mengelupas. Karena, pada saat kulit mengelupas, warna kulit terlihat sedikit kusam. Lemon  membantu membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat wajah kering

Baca Juga: Ketahui 3 Bahan Alami Merawat Rambut Menjadi Berkilau

3. Gunakan Pelembab

Selanjutnya, jangan lupa menggunakan pelembab. Rutin menggunakan pelembap wajah dapat mengurangi peradangan kulit, menghindari infeksi, dan memperlambat proses pengelupasan di kulit wajah. Pilih pelembap yang mengandung bahan aloe vera dan vitamin E, serta hindari pelembap mengandung parfum untuk mencegah iritasi.

4. Minum Air Putih yang Cukup 

Cara mengatasi kulit mengelupas lainnya adalah minum air putih yang cukup. Penuhi cairan tubuh dengan minum air putih setiap harinya. Air putih yang dikonsumsi secara cukup setiap harinya dapat menjaga kadar cairan tubuh.

Jika tubuh Anda kekurangan cairan, maka kondisi kulit akan menjadi kering. Apalagi, bagian kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari dan kekurangan air bisa memperlambat proses pengelupasan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News