Bugar

Begini 4 Cara Membersihkan Make Up yang Benar dan Mudah

Begini 4 Cara Membersihkan Make Up yang Benar dan Mudah

MOMSMONEY.ID - Rawat kulit wajah jadi sehat dengan cara membersihkan make up wajah yang benar dan mudah. 

Membersihkan make up sangat penting supaya masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, iritasi, kerutan dan kusam bisa dihindari. Ketika wajah masih dengan make up, sebum pada pori-pori wajah mengalami penyumbatan yang membuat kulit jadi kering dan proses regenerasi terhambat. 

Oleh karena itu, berikut empat cara membersihkan make up dengan benar dan mudah dilansir dari senka.id

1. Lakukan uap wajah pakai air hangat

Cara membersihkan make up adalah dengan melakukan uap wajah pakai air hangat. Tidak perlu ke salon atau klinik kecantikan, Anda bisa melakukan uap wajah di rumah. 

Cukup siapkan wadah berisi air hangat dan dekatkan wajah hingga terkena uapnya. Lambat laun, pori-pori wajah akan terbuka, sehingga make up lebih mudah terangkat.

2. Gunakan make up remover

Cara membersihkan make up selanjutnya adalah gunakan make up remover untuk menghapus make up. Anda memulainya dengan membersihkan make up bagian mata secara perlahan agar kulit di area tersebut tidak iritasi dan semakin sensitif. 

Kini, ada berbagai jenis produk make up remover yang bisa Anda pakai sesuai jenis kulit. Misalnya, gunakan make up remover berbahan oil.

Caranya dengan menuangkan oil pada telapak tangan, lalu usap perlahan hingga riasan make up di area mata benar-benar bersih.

Kemudian, Anda bisa menggunakan make up remover lagi berbahan air yang efektif membersihkan 3 lapisan kotoran di wajah, mulai dari heavy make up, polusi, hingga minyak. Tuangkan produk ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah Dalam Produk Skincare

3. Cuci muka pakai facial wash

Dilanjutkan dengan cuci muka menggunakan facial wash. Metode pembersihan ganda ini dinamakan double cleansing, tujuannya agar kotoran dan minyak di wajah benar-benar terangkat.

Sehingga, kulit Anda terhindar dari permasalahan kulit. Pilihlah facial wash sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

4. Usap wajah dengan toner

Cara membersihkan make up terakhir adalah usap wajah dengan toner. Setelah membersihkan wajah, Anda bisa melanjutkan tahapan skincare dengan memakai toner.

Fungsi toner adalah untuk memastikan kotoran tidak tertinggal di wajah, melembapkan, sekaligus menyeimbangkan pH kulit Anda agar proses penyerapan skincare setelahnya berjalan optimal.

Cara memakai toner cukup tuangkan toner secukupnya pada kapas, lalu usap ke seluruh permukaan wajah. Lakukan dengan hati-hati agar kulit wajah tidak iritasi.

Itulah beberapa cara membersihkan make up di wajah dengan benar dan mudah, cobain yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News