Santai

Beda Samsung Galaxy A54 5G Vs Samsung Galaxy A53, Pilih Mana?

Beda Samsung Galaxy A54 5G Vs Samsung Galaxy A53, Pilih Mana?

MOMSMONEY.ID - Samsung resmi merilis smartphone terbarunya di Indonesia yaitu Samsung Galaxy A54 5G. Samsung Galaxy A54 5G hampir sama dengan Samsung Galaxy A53 5G. Lalu, apa beda Samsung Galaxy A54 5G vs Samsung Galaxy A53 5G?

Ada perbedaan antara Samsung Galaxy A54 5G dengan Samsung Galaxy A53 5G. Meski keduanya memiliki tampilan yang mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang jarang diketahui banyak orang.

Perbedaan antara Samsung Galaxy A54 5G dan Samsung Galaxy A53 5G dapat Anda simak di artikel ini. 

Baca Juga: Cara Cek HP Waterproof Tanpa Direndam Air, Coba Ikuti Tips Mudah Ini

Mengutip Make Use Of, Samsung Galaxy A54 5G merupakan ponsel kelas menengah terbaru dari Samsung di tahun 2023. 

Berbeda dengan Samsung Galaxy A53, Samsung tampaknya tidak terlalu banyak memasarkan A54, itulah sebabnya Anda mungkin belum pernah mendengar desas-desus di sekitarnya.

Desain

Mungkin perbedaan terbesar antara Samsung Galaxy A54 dan Samsung Galaxy A53 adalah desain baru pembuatnya yang sangat mirip dengan seri flagship Galaxy S23. 

Adanya sudut membulat dan masing-masing lensa kamera menonjol ke belakang, desain baru ini menjadi salah satu fitur terbaik dari Galaxy A54.

Dibandingkan dengan A53, model baru ini lebih pendek, lebih lebar, sedikit lebih berat, dan ketebalannya hampir sama.

Samsung Galaxy A53 5G tersedia dalam empat warna: Hitam, Putih, Biru, dan Peach. Sementara itu, Samsung Galaxy A54 5G juga tersedia dalam empat warna yaitu Lime, Graphite, Violet dan White. 

Anehnya, Samsung belum menentukan jenis pelindung kaca yang digunakan pada A54, tetapi karena pendahulunya memiliki Gorilla Glass 5, maka dianggap itu juga hadir di sini.

Kamera

Satu-satunya perbedaan yang signifikan antara Galaxy A54 dan A53 adalah bahwa yang pertama memiliki kamera utama 50MP baru yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja handset dalam cahaya rendah.

Meskipun resolusi pada ponsel baru lebih rendah, Anda mungkin tahu bahwa jumlah megapiksel tidak terlalu penting seperti pemrosesan gambar.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mode Hemat Daya di Telegram Tanpa Perlu Langganan Premium

Jika Anda ingin benar-benar yakin bahwa Galaxy A54 mengambil foto dan video yang lebih baik, sebaiknya lihat ulasan dan perbandingan kamera.

Samsung juga menyingkirkan kamera kedalaman 5MP yang merupakan hal yang baik karena lensa tidak memiliki tujuan nyata selain untuk memasarkan "penyiapan empat kamera". 

Menghapusnya berarti Samsung dapat menggunakan penghematan tersebut untuk meningkatkan kualitas kamera yang ada melalui perangkat keras yang lebih baik dan algoritme gambar yang lebih baik.

Tampilan

Sayangnya, Galaxy A54 6,4 inci memiliki bezel yang lebih besar dari pendahulunya, terbukti dengan rasio layar-ke-tubuh yang lebih buruk.

Samsung tampaknya telah menebalkan bezel samping untuk mendapatkan tampilan bezel yang seragam.

Selain itu, satu-satunya perbedaan lainnya adalah A54 memiliki tampilan yang sedikit lebih cerah pada 1000 nits daripada panel 800 nits pendahulunya, sehingga seharusnya lebih dapat dilihat di luar ruangan.

Baca Juga: Kenapa Video Story Instagram Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Prosesor

Galaxy A54 ditenagai oleh chip Exynos 1380 baru yang terasa lebih kuat daripada chip Exynos 1280 di Galaxy A53. Faktanya, yang pertama mencatat skor keseluruhan AnTuTu (v9) lebih dari 500K sedangkan yang terakhir hanya bisa mencapai 379.313, menunjukkan peningkatan kinerja hampir 30%.

Jadi, Anda dapat mengharapkan peningkatan yang layak dalam kinerja game dan kecepatan rendering. Tapi jangan mengharapkan efisiensi yang sama karena kedua chip dibuat menggunakan arsitektur 5nm.

Oleh karena itu, masa pakai baterai kemungkinan besar akan sebanding di kedua perangkat.

Samsung Galaxy A54 memang terlihat luar biasa, tetapi tidak menawarkan peningkatan yang cukup besar dibandungkan Samsung Galaxy A53. 

Banyak fitur dasarnya sama, dan kedua perangkat menjalankan perangkat lunak One UI 5.1 yang sama dengan Android 13.

Jadi, itulah perbedaan anatra Samsung Galaxy A54 5G dan Samsung Galaxy A53 5G. Anda pilih yang mana? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News