HOME, Santai

Beda Gejala dan Penyebab, Ini Dia Bedanya Maag dan Gerd

Beda Gejala dan Penyebab, Ini Dia Bedanya Maag dan Gerd

MOMSMONEY.ID - Sama sama penyakit lambung, ternyata maag dan gerd memiliki perbedaan. Namun sering kali keduanya di salah artikan menjadi satu hal yang sama.

Gejala yang hampir sama seringkali membuat maag dan gerd kerap kali disalah artikan. Padahal kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.

Menurut Wikipedia, maag merupakan penyakit yang menyerang lambung dikarenakan adanya peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit dan perih pada daerah sekitar perut. 

Baca Juga: Konsumsi Belimbing untuk Mengobati Maag dan Bisa Menurunkan Berat Badan

Maag disebabkan karena pola makan yang tak teratur, konsumsi obat-obatan tertentu, stress, dan konsumsi alcohol.

Sedangkan gerd menurut Wikipedia adalah penyakit saluran pencernaan yang bersifat kronis. Gerd terjadi ketika asam lambung naik kembali ke esophagus yang menyebabkan refluks. 

Penyebab penyakit gerd adalah adanya refluks yang disebabkan naiknya asam lambung, iritasi lapisan esophagus, dan juga peradangan yang dapat merusak lapisan esophagus. 

Perbedaan lain adalah maag merupakan sakit lambung karena peningkatan asam lambung yang berlebih. Pada sakit maag tidak akan menyebabkan dada yang terasa panas dan sesak.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Asam Lambung

Sedangkan pada gerd, kenaikan asam lambung berlebih hingga mencapai kerongkongan. Yang menyebabkan dada sampai terasa panas dan sesak. 

Bahkan lebih parahnya lagi, seseorang yang mengalami gerd bisa mengalami panas dada seperti tebakar atau heartburn dana mulut yang terasa pahit.

Selain itu, pada gerd akan menyebabkan kerongkongan terasa sakit dan perih seperti terbakar. Sedangkan pada sakit maag rasa sakit dan tidak nyaman hanya terasa pada area ulu hati. 

Maag dan gerd sama-sama membuat perut merasa mual. Sehingga tak jarang penderitanya akan mengalami muntah-muntah dan begah.

Maag yang kronis dan berkelanjutan bisa menjadi penyebab yang memicu munculnya gerd. Lebih parahnya lagi, pemyakit gerd bisa menimbulkan tukak lambung atau lambung yang terluka.

Selanjutnya: Tidak Punya Korektor? Gunakan Lipstick Saja Sebagai Gantinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News