Beberapa Produk Skincare yang Kemungkinan Tidak Berfungsi, Apa Saja Ya?

Reporter: Ana Risma
Rabu, 15 September 2021 | 17:20 WIB
Beberapa Produk Skincare yang Kemungkinan Tidak Berfungsi, Apa Saja Ya?

ILUSTRASI. Skincare

MOMSMONEY.ID - Seiring berjalannya waktu, popularitas skincare semakin melejit. Melihat tingginya antusias masyarakat akan skincare, brand-brand kosmetik pun kian gencar mengeluarkan skincare bahkan dengan harga yang amat terjangkau.

Meskipun begitu, baiknya Moms tidak percaya 100% dengan skincare. Karena, kandungan skincare yang Moms miliki belum tentu sesuai dengan kondisi kulit. Bisa saja, skincare yang Moms gunakan juga tidak berfungsi sesuai klaim atau sebagaimana mestinya.

Memangnya ada skincare yang tidak berfungsi? Jawabannya adalah ada. Melansir WebMD, inilah beberapa produk skincare tersebut.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Rangkaian Body Care yang Bisa Anda Coba

1. Face Mist

Seperti yang kita ketahui, face mist memang mampu menyegarkan kulit wajah hanya dalam beberapa kali semprot. Meskipun begitu, face mist tidak cukup efektif untuk melembabkan kulit Moms. Terlebih, jika kulit Moms sensitif, face mist dengan kandungan pewangi hanya akan mengiritasinya.

Pastikan untuk menggunakan produk pelembab utuh alih-alih face mist jika Moms menginginkan kelembaban pada wajah. Untuk Moms yang memiliki acne prone skin, gunakanlah pelembab bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori.

2. Masker charcoal

Activated charcoal atau arang aktif diklaim mampu menyerap racun atau obat-obatan kimia yang ada di perut. Kendati demikian, penelitian mengungkapkan bahwa kandungan charcoal yang sering ditemui di dalam beberapa produk kecantikan wajah seperti peeling mask bisa saja membahayakan kulit.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Moms melakukan uji tempel sebelum menggunakan skincare mengandung charcoal.

Jika aman, Moms bisa melanjutkan untuk menggunakannya. Apabila tidak cocok, Moms dapat mengganti peran masker charcoal dengan rajin mencuci muka menggunakan cleanser yang lembut untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri pada wajah.

3. Eye cream

Skincare dengan kandungan vitamin C atau hydroquinone terkenal dapat mencerahkan pigmen di bawah mata. Kedua kandungan ini banyak dijumpai di berbagai jenis skincare termasuk eye cream.

Dengan segala klaim yang dimilikinya, eye cream sebenarnya tidak bisa menghilangkan lingkaran hitam yang ada di bawah mata secara total.

Hal ini dikarenakan kulit di bawah mata cenderung tipis dan akan semakin kebiruan seiring bertambahnya usia. Area bawah mata yang gelap juga bisa terjadi akibat alergi atau dehidrasi. Untuk itu, Moms bisa mengganti penggunaan eye cream dengan minum air putih secara cukup atau mengobatinya dengan segera jika dark circle terjadi akibat alergi.

4. Natural oil

Cocoa butter, shea butter, dan minyak kelapa memang bisa menjadi pelembab yang baik. Namun, produk-produk tersebut tetaplah berbasis minyak, sehingga Moms perlu mempertimbangkan secara matang sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Faktanya, produk-produk berbasis minyak meskipun itu natural tetap berpotensi untuk menyumbat pori-pori.

Bahkan, natural oil yang dioleskan pada jerawat tinggi kemungkinan akan membuat kondisinya lebih buruk. Daripada menggunakan natural oil untuk jerawat, baiknya Moms mengobatinya dengan menggunakan benzoyl peroxide atau salicylic acid. Apabila jerawat semakin parah, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan retinoid, antibiotik, atau terapi hormon.

5. Face scrub

Pada dasarnya, wajah Moms akan melepaskan sel-sel mati dengan sendirinya. Jika Moms melakukan eksfoliasi setiap hari, maka lapisan kelembaban alami pada wajah akan menghilang sehingga kulit akan menjadi kering. Scrub eksfoliasi yang rata-rata keras juga dapat mengiritasi kulit terutama jika kulit Moms sensitif atau berjerawat.

Untuk meminimalkan risiko iritasi, Moms bisa mengganti face scrub dengan cleanser bebas pewangi, bebas minyak, dan bebas alkohol. Selain itu, Moms juga dapat mencuci wajah dengan air hangat lalu segera gunakan pelembab setelahnya.

6. Suplemen kulit

Vitamin A, C, E, dan B3 memang penting untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, suplemen kulit kemungkinan tidak akan membuat kulit Moms bercahaya dan kembali muda. Jika Moms memiliki permasalahan kulit yang sangat kering atau kuku rapuh, baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter yang berkaitan guna mengetahui apa yang sebenarnya Moms butuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dan, jika Moms ingin mendapatkan manfaat dari vitamin, usahakan untuk makan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi seimbang seperti buah-buahan dan sayuran. Karena, itulah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dibandingkan harus meminum suplemen khusus kulit.  

Moms, itulah beberapa produk skincare yang kemungkinan tidak berfungsi sesuai klaim atau sebagaimana mestinya. Dibandingkan harus menggantungkan segala kebutuhan kulit kepada produk skincare, alangkah baiknya Moms menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, minum cukup air putih, dan tidak merokok supaya kecantikan kulit terpancar dari dalam.

Selanjutnya: 5 Tips Makeup untuk Kulit Kering agar Wajah Terlihat Flawless

 

 

Editor: Ana Risma
Terbaru