HOME, Keluarga

Beberapa Keterampilan yang Penting untuk Diajarkan pada Anak Sedini Mungkin

Beberapa Keterampilan yang Penting untuk Diajarkan pada Anak Sedini Mungkin

MOMSMONEY.ID - Keterampilan hidup atau life skill merupakan pelajaran berharga yang akan berguna bagi setiap anak sepanjang hidup mereka. Namun, tidak sedikit anak-anak yang tidak mempelajari bagaimana caranya mengatasi kehidupan di dunia nyata hingga mereka memasuki usia sekolah tingkat menengah.

Sebaiknya, para orang tua tidak menunggu anak-anak mereka tumbuh remaja terlebih dahulu untuk mengajarkan keterampilan hidup.

Lebih cepat lebih baik, inilah 5 keterampilan yang bisa Moms ajarkan kepada si kecil mulai dari sekarang sebagaimana dilansir dari Very Well Family.

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Anak Dapatkan Ketika Dekat dengan Alam

1. Membuat keputusan

Membuat keputusan atau decision making yang baik adalah keterampilan hidup yang harus dipelajari oleh seseorang sejak usia muda. Untuk mengajarkan anak tentang keterampilan ini, mulailah dengan hal-hal dasar seperti meminta si kecil untuk memilih es krim cokelat vs es krim strawberry, tas polos vs tas warna-warni, atau bermain bola sepak vs bermain bola basket.

Nah, ketika anak memasuki usia sekolah dasar, ajarkanlah kepada mereka tentang manfaat dari keputusan yang baik dan konsekuensi dari keputusan yang buruk. Ajaklah mereka untuk sering terlibat dalam pengambilan keputusan. Bantu anak untuk mempertimbangkan pilihan mereka, mengevaluasi pro dan kontra dari sebuah keputusan, dan biarkan mereka membuat keputusan akhir dari sebuah situasi untuk melihat bagaimana hasil dari keputusan yang telah mereka buat.

2. Menjaga kesehatan dan kebersihan

Anak-anak tidaklah terlalu muda untuk mulai belajar tentang kesehatan dan kebersihan. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi para orang tua untuk mengajarkan sekaligus membiasakan anak untuk rutin mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan mengganti pakaian dalam mereka.

Jangan lupa untuk menjelaskan kepada anak tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan sehari-hari. Mengajarkan anak untuk peduli terhadap kesehatan dan kebersihan sedari dini tidak hanya berguna bagi kebugaran mereka, melainkan juga untuk membuat mereka terbiasa hidup sehat kini dan nanti.

3. Manajemen waktu

Manajemen waktu atau time management merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Keterampilan yang satu ini perlu dimiliki oleh setiap individu guna menjaga segala sesuatu tetap berada pada jalurnya.

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak pun sangat dianjurkan untuk belajar manajemen waktu sesegera mungkin. Selain memudahkan para orang tua dalam melakukan tugas dan jadwal rumah tangga, mengajarkan keterampilan ini pada anak juga akan membantu si kecil untuk mahir dalam mengatur waktu mulai dari bangun tidur sesuai jadwal hingga kelak mereka menapaki dunia pekerjaan.

4. Mengatur waktu

Pengelolaan uang menjadi masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang dewasa. Maka dari itu, keterampilan ini patut untuk diajarkan kepada seseorang ketika masih kanak-kanak. Moms bisa mengajarkan anak tentang keterampilan mengatur uang mulai dari manfaatnya dan bagaimana cara mengelolanya sehingga mereka akan lebih siap ketika tiba masanya mereka akan memiliki penghasilan sendiri.

Dengan mengajarkan pengelolaan uang yang efektif, anak-anak akan belajar cara menabung, berbelanja dengan bijak, serta memahami bahwa uang bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan tanpa diusahakan.

5. Bersih-bersih

Terkadang memang lebih mudah bagi orang tua untuk melakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri. Namun, tindakan demikian sama artinya dengan menunda kesempatan untuk mengajarkan anak perihal cara menjaga kebersihan rumah sedini mungkin. Padahal, si kecil pada akhirnya perlu mengetahui tentang cara bersih-bersih rumah ketika mereka mulai hidup mandiri atau memiliki rumah sendiri.

Supaya anak mahir bersih-bersih meski usia mereka masih sangat muda, Moms bisa meminta anak untuk terlibat dalam pekerjaan rumah tangga yang ringan-ringan terlebih dahulu seperti merapikan tempat tidur, mencuci piring, menyapu, atau merapikan mainan. Berikanlah tugas rumah tangga yang sekiranya mereka sanggup. Supaya anak rutin mengerjakan pekerjaan mereka, Moms bisa membuat jadwal dan menerapkan konsekuensi semisal mereka tidak mematuhi peraturan yang sudah dibuat.

Demikian informasi seputar beberapa keterampilan yang sangat dianjurkan untuk diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin. Supaya membuahkan hasil, pastikan Moms selalu konsisten dan tentunya sabar ketika mengajarkan semua keterampilan tersebut kepada anak-anak mengingat pemikiran mereka yang belum stabil dan mudah merasa bosan. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Selanjutnya: 4 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Perlu untuk Terlalu Dikhawatirkan. Apa Saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News