HOME, Bugar

Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Tubuh memerlukan nutrisi utama seperti karbohidrat, protein, dan lemak untuk menjaga daya tahan dan kekebalan. Umumnya, vitamin B diperlukan untuk mendorong reaksi kimia yang memerankan peranan penting untuk menjalankan fungsi tubuh, dikutip dari UNICEF.

Vitamin B juga merupakan vitamin yang dapat larut dalam air sehingga kelebihan vitamin B yang terjadi dalam tubuh dapat dikeluarkan bersama urin. Berikut beberapa jenis vitamin B dan manfaatnya yang perlu Moms ketahui.

Vitamin B1 (thiamine)

Selain menjaga sistem saraf tetap sehat, vitamin ini diperlukan dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Untuk mendapatkan manfaat itu, anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti telur, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong. 

Baca Juga: 5 Buah yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

Vitamin B2 (riboflavin)

Ingin menjaga agar kulit dan mata tetap sehat? Cukupi kebutuhan harian dengan vitamin B2 karena memiliki manfaat menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan. Anda bisa mendapatkan vitamin B2 dari ikan, telur, susu, sayur mayur atau nasi. Namun, jauhkan makanan tersebut dari paparan sinar matahari karena bisa merusak vitamin B2 yang terkandung di dalamnya.

Vitamin B3 (niacin)

Vitamin B3 bisa menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa ditemukan pada susu,kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging sapi. 

Vitamin B5 (pantothenic acid)

Vitamin B5 membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Selain itu, makanan yang anda makan bisa diubah menjadi energi karena adanya vitamin B5. Vitamin B5 bisa ditemui pada makanan, seperti kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan nasi merah. 

Vitamin B6 (pyridoxine)

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh

Vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi. Saluran pencernaan, otot, dan beberapa bagian dari sistem imunitas pun terjaga dengan adanya vitamin ini di tubuh anda.

Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B8 memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat dalam pertumbuhan rambut dan kuku. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 dengan mengonsumsi pisang, salmon, wortel, sereal, hati dan kembang kol.

Vitamin B9 (folic acid)

Viyamin B9 penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu, vitamin B9 juga bisa membantu sel-sel tubuh dalam pembuatan serta menjaga DNA. Lebih jauh, mengonsumsi vitamin B9 saat hamil bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat. 

Vitamin B12 (cobalamin)

Vitamin B12 penting dalam produksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari salmon, daging merah, susu, keju, dan telur. Dosis yang disarankan untuk orang dewasa adalah 1,5 mcg per hari. 

Berikut penjelasan beberapa jenis vitamin B dan manfaatnya yang perlu Moms ketahui.

Selanjutnya: 5 Makanan Ini Dipercaya Bisa Memicu Hamil Anak Laki-Laki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News