HOME, Bugar

Beberapa Jenis Pengobatan untuk Kanker Prostat yang Bisa Anda Coba

Beberapa Jenis Pengobatan untuk Kanker Prostat yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Kanker prostat merupakan salah satu penyebab kematian paling sering pada pria. Berdasarkan data Globocan 2018, ada sekitar 11.361 kasus baru kanker prostat di Indonesia.

Adapun sebanyak 5.007 orang meninggal akibat penyakit ini. Untuk mencegah kanker prostatsemakin parah, pengobatan lebih dini perlu dilakukan.

Pasalnya, kanker prostat cenderung lambat perkembangannya. Sementara, jika pasien diberikan perawatan khusus kanker saat masih sangat dini, manfaat yang didapat lebih kecil ketimbang risiko efek sampingnya. 

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak

Dilansir dari Health Focus, apabila sel kanker sudah berkembang ke tahap yang lebih lanjut, barulah dokter akan menerapkan sejumlah terapi sebagai cara mengobati kanker prostat, yaitu sebagai berikut:

1. Radioterapi atau terapi radiasi

Radioterapi dilakukan setelah operasi, untuk membunuh sel kanker yang tersisa. Terapi ini juga dilakukan untuk meredakan gejala dan menghambat perkembangan kanker pada penderita kanker prostat stadium lanjut.

2. Radioterapi

Radioterapi merupakan cara mengobati kanker prostat dengan menggunakan radiasi untuk membunuh sel kanker. Jenis pengobatan ini bekerja dengan memperlambat perkembangan dan penyebaran sel kanker untuk meringankan gejala.

3. Operasi prostat

Operasi prostat dilakukan dengan cara mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat, serta beberapa jaringan dan kelenjar getah bening di sekitarnya yang telah terkena sel kanker.

Baca Juga: Waspadai Gejala Kanker Prostat, Ini Tanda-Tandanya

4. Cryotherapy

Pada beberapa kasus, dokter mungkin lebih memilih untuk membekukan jaringan sel pada kelenjar prostat yang bermutasi menjadi sel kanker. Metode pengobatan kanker prostat yang satu ini disebut cryotherapy. 

Dokter akan memasukkan jarum khusus (cryo needle) ke dalam prostat. Jarum tersebut nantinya akan dialiri gas dingin sehingga jaringan-jaringan yang ada pada prostat membeku. 

5. Kemoterapi

Dalam kemoterapi, digunakan obat-obatan untuk menghilangkan sel kanker yang bersifat agresif. Obat-obatan dapat diberikan melalui infus atau tablet. 

Kemoterapi dilakukan jika kondisi kanker telah menyebar ke organ lain di luar kelenjar prostat. 

Cara mengobati kanker prostat ada berbagai macam. Penerapannya disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami penderitanya. 

Namun perlu diingat, penting untuk selalu konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis pengobatan kanker prostat termasuk cara alternatif yang paling tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News