HOME, Bugar

Beberapa Jenis Ikan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi, Yuk Cari Tahu di Sini

Beberapa Jenis Ikan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi, Yuk Cari Tahu di Sini

MOMSMONEY.ID - Penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) perlu meminum obat darah tinggi secara rutin untuk membantu menjaga tekanan darah normal. Selain itu, mereka juga perlu mengubah gaya hidup agar tubuh selalu sehat. 

Salah satunya memperhatikan pilihan asupan makanan. Harvard Medical School merekomendasikan pasien hipertensi untuk meningkatkan konsumsi ikan. Pasalnya, ikan merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk penderita darah tinggi.

Ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 atau minyak ikan. Asam lemak tak jenuh ganda ini menurut beberapa penelitian terbukti dapat menurunkan tekanan darah, yang menjadi tujuan pengobatan dari hipertensi.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang baik untuk penderita darah tinggi.

Baca Juga: Redakan Vertigo dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

1. Ikan bandeng

Salah satu jenis ikan hering, yakni ikan bandeng menjadi ikan yang baik untuk penderita darah tinggi. Kandungan asam lemak omega 3 sekitar 1,63 gram per 100 gramnya.

Jenis ikan ini sangat mudah Anda dapatkan dibanding ikan yang sudah disebutkan di atas. Di samping itu, harga ikan ini juga lebih terjangkau. Selain mineral, ikan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin, seperti vitamin D, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

2. Ikan sarden

Ikan ini cukup populer karena banyak dijual dalam kemasan kaleng dan sudah dibumbui. Ikan sarden ternyata menjadi salah satu pilihan ikan yang baik untuk penderita darah tinggi.

Dalam 100 gramnya, ada sekitar 1,45 gram asam lemak omega 3. Di samping itu, ikan sarden juga mengandung berbagai mineral yang tubuh Anda butuhkan, seperti fosfor, magnesium, zat besi, dan kalium.

3. Ikan teri

Anda pasti tidak mengira bahwa ikan yang berukuran kecil ini ternyata memberikan manfaat baik untuk penderita darah tinggi.

Dalam 100 gramnya, terdapat 2,09 gram asam lemak omega 3. Ikan teri juga mengandung vitamin K yang ternyata baik untuk pembuluh darah arteri yang ada di sekitar jantung.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Ini untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

4. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung sekitar 1,72 gram omega 3 per 100 gramnya. Selain itu, ikan salmon juga mengandung kalium 490 mg yang baik untuk pembuluh darah dan jantung Anda.

Ikan yang bertubuh panjang ini memang cukup populer dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, sehingga masuk dalam daftar makanan yang menyehatkan untuk jantung. Terlebih rasanya yang enak dan dagingnya yang lembut.

5. Ikan tuna

Jika Anda bosan dengan ikan sarden, ikan tuna bisa menjadi pilihan. Apalagi ikan ini juga memberikan manfaat yang baik untuk penderita darah tinggi. Per 100 gramnya mengandung sekitar 0,10 gram asam lemak omega 3.

Ikan ini juga mengandung tinggi fosfor, kalsium, dan selenium yang baik untuk kesehatan imun dan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda mengonsumsi ikan tuna secara rutin, tentu akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan.

Jka ingin mendapatkan manfaat baik dari ikan untuk penderita darah tinggi, pastikan Anda mengolah ikan dengan benar. Olah ikan dengan cara rebus, kukus, atau panggang lebih sering, ketimbang Anda menggorengnya. 

Selanjutnya: Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News