HOME, Santai

Beberapa Bahan Alami yang Efektif Menghilangkan Ketombe, Bisa Anda Coba

Beberapa Bahan Alami yang Efektif Menghilangkan Ketombe, Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Jika Anda biarkan, ketombe bisa membuat kulit kepala gatal. Ketombe juga bisa mengganggu penampilan, karena serpihannya mengotori pakaian dan rambut. Sebab itu, cobalah beberapa cara menghilangkan ketombe, misalnya, dengan bahan alami.

Sebab, ketombe juga bisa membuat kulit kepala mengelupas. Supaya risiko tersebut tidak Anda alami, cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami bisa Anda coba.

Sebelum mengetahui bahan alami apa saja yang bisa Anda gunakan, tak ada salahnya untuk memahami faktor apa saja yang jadi penyebab ketombe. Melansir Medical News Today, ada beberapa hal yang menimbulkan ketombe.

Mulai dari kulit kepala kering, alergi terhadap produk perawatan yang Anda pakai, hingga makanan yang Anda konsumsi. Di bawah ini, ada beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan ketombe:

Lidah buaya

Supaya ketombe tak semakin parah, cobalah untuk menyembuhkannya dengan lidah buaya. Asam amino, antioksidan, serta kandungan lain dalam lidah buaya efektif mencegah kemunculan ketombe.

Anda bisa memakai gel lidah buaya dari daunnya langsung atau memakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran.

BaBaca Juga: Ingin Kucing Peliharaan Tampil Bersih? Ini Waktu Terbaik untuk Memandikannya

Baking soda

Pakai baking soda sebagai cara menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe berikutnya bisa Anda praktikkan dengan memakai baking soda. Kandungan yang ada di baking soda mampu membersihkan sel kulit mati dan minyak berlebih yang memperparah kemunculan ketombe.

Namun, bukan berarti Anda bisa memakai baking soda terlalu sering, ya. Baking soda memiliki pH cukup tinggi yang bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala. Akibatnya, kesehatan kulit kepala menjadi terganggu sehingga iritasi pun Anda alami.

Asam lemak omega-3

Medical News Today menyebutkan, asam lemak omega-3 termasuk salah satu obat ketombe. Selain mengurangi produksi minyak kulit, asam lemak omega-3 juga bisa meredakan peradangan.

Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari mengonsumsi ikan salmon, kacang, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

Minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe bisa Anda coba dengan minyak kelapa.

Selanjutnya, minyak kelapa dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Ada banyak manfaat minyak kelapa yang bisa Anda dapat. Mulai dari mencegah iritasi, melawan infeksi, dan meningkatkan hidrasi.

Anda bisa menemukan minyak kelapa dengan mudah di pasaran. Aplikasikan jenis minyak itu pada kulit kepala selama beberapa saat sebelum Anda mencuci rambut dengan sampo.

Memilih sampo dan produk perawatan rambut yang terbuat dari minyak kelapa juga bisa jadi salah satu pilihan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News