Santai

Beautiful Indonesia, Platform Media Sosial tentang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Beautiful Indonesia, Platform Media Sosial tentang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

MOMSMONEY.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menggelar soft launching aplikasi Beautiful Indonesia, platform media sosial tentang pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Senin (16/1).

Aplikasi Beautiful Indonesia buatan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) dibangun sepenuhnya menggunakan Horizontal Platforms, mulai dari rancang bangun, arsitektur, pembuatan komponen, hingga vertical application.

"Kami berharap, ada peningkatan dari wisatawan termasuk juga dari wisatawan spontan," kata Sandiaga.

"Dan kami berharap, dengan soft launching ini akan mendongkrak angka unduhan pada Google Play Store dan Apple Apps Store terhadap aplikasi Beautiful Indonesia, yang merupakan produk karya anak bangsa serta dapat melengkapi ekosistem sosial media," ujarnya.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Malang, Edukatif dan Dekat dengan Alam

Selain itu, Sandiaga mengharapkan, aplikasi Beautiful Indonesia bisa mendukung produk buatan anak negeri dan UMKM naik kelas, yang mendorong kemajuan serta perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Aplikasi Beautiful Indonesia untuk mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia, dengan tujuan memperkaya khasanah pariwisata, yang kunjungannya ditargetkan tumbuh dua kali lipat pada tahun 2023. 

Target peningkatan kunjungan tersebut terbagi menjadi kunjungan wisatawan mancanegara 7,4 juta dan wisatawan nusantara mencapai 1,2-1,4 miliar.

Aplikasi Beautiful Indonesia, menurut Direktur Utama INTI Edi Witjara, dibangun melalui pendekatan berbagai fitur yang sudah terbiasa digunakan pada Instagram, YouTube, WhatsApp, dan e-commerce.

Tentunya, dengan kandungan konten berupa objek pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, agar memberikan kemudahan dan kenyamanan yang serupa. 

"Platform Beautiful Indonesia nantinya kami targetkan menjadi wadah bagi ekosistem pariwisata di Indonesia," kata Edi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam yang Wajib Anda Kunjungi di 2023

Aplikasi Beautiful Indonesia juga merupakan platform media sosial yang secara natural bersifat User Generated Content (UGC). Sehingga, para penggunanya bisa mengisi kontennya secara mandiri. 

Platform ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Unified communication and collaboration
  • Unified content platform
  • Communication platform as a service

Nantinya, para pengguna Beautiful Indonesia akan mendapatkan berbagai kemudahan informasi mengenai objek wisata, memberikan review dan komentar, berbagi pengalaman dan diskusi, berbagi foto dan video, hingga melakukan streaming.

Aplikasi inipun memungkinkan para penyedia layanan dan produk kepariwisataan menjadikan Beautiful Indonesia sebagai media promosi, media transaksi, dan media interaksi secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News