Bayi Menangis Terus, Coba Cara Ini untuk Menghentikannya

Reporter: Ana Risma
Kamis, 16 September 2021 | 23:20 WIB
Bayi Menangis Terus, Coba Cara Ini untuk Menghentikannya

MOMSMONEY.ID - Bayi dapat menangis sebanyak 2-3 jam dalam periode 24 jam. Mendengar tangisan bayi secara terus-menerus tentu tidaklah mudah bagi para orang tua terutama untuk orang tua baru.

Adapun tangisan bayi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti popok basah, kepanasan, kedinginan, hingga kelaparan.

Untuk menenangkannya, para orang tua tidak hanya harus mengetahui penyebab dari tangisan itu sendiri melainkan juga cara apa saja yang efektif untuk membuat si kecil kembali diam.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Membantu Meningkatkan IQ Anak

Nah, sebagai referensi, Moms bisa nih mencontek 5 cara yang MomsMoney lansir dari Parents.com untuk menenangkan bayi Moms yang terus menangis. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Redupkan cahaya

Menempatkan bayi yang rewel di ruangan gelap bisa Moms lakukan untuk menenangkan mereka. Moms bisa meredupkan cahaya dengan mematikan lampu atau menutup tirai kemudian letakkan si kecil yang sudah diberi dot di atas ayunan bayi.

Dengan cara ini, bayi akan menjadi tenang karena mereka tidak terlalu terstimulasi akibat kebisingan dan kerlap-kerlip lampu yang ada di kehidupan sehari-hari. Cara ini terbilang cukup efektif untuk bayi baru lahir karena mereka masih terbiasa dengan suasana gelap di dalam rahim.

2. Bawa bayi keluar rumah

Ketika Moms letih menghadapi si kecil yang terus-terusan menangis, coba ajak mereka jalan-jalan keluar rumah untuk menenangkannya. Mungkin Moms akan khawatir jikalau suara tangisan si kecil akan mengganggu tetangga sekitar rumah. Namun, membawa bayi keluar rumah ketika menangis tetap menjadi pilihan yang patut untuk Moms coba.

Mengajak bayi yang menangis untuk jalan-jalan keluar rumah tidak hanya bisa menenangkan mereka, melainkan Moms juga akan mendapatkan manfaatnya. Melalui cara ini, Moms bisa menghirup udara segar dan stres yang Moms alami akibat tangisan bayi akan berkurang dibandingkan harus terus berdiam di dalam rumah.

3. Ubah pemandangan

Ketika Moms stres akibat tangisan bayi, bukan tidak mungkin mereka pun akan merasakan stres yang Moms alami. Supaya tangisan bayi tidak menjadi-jadi, Moms bisa menggendong mereka dan mengajaknya untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Cara ini sangat mungkin untuk berhasil. Kenapa? Karena terkadang pemandangan yang baru atau berbeda dibutuhkan oleh bayi untuk mengubah suasana hatinya.

4. Ciptakan sedikit kebisingan

Cara lain yang bisa Moms coba untuk menghentikan tangisan bayi adalah dengan menciptakan kebisingan. Moms dapat menyalakan white nose (alat penghasil suara untuk membantu menidurkan bayi), kipas angin, penyedot debu, atau alat elektronik lainnya yang bisa menghasilkan bising.

Kebisingan yang Moms ciptakan akan meniru apa yang didengar bayi semasa di dalam rahim tatkala darah Moms melewati plasenta. Kendati demikian, ketika Moms memutuskan menggunakan white noise, pastikan untuk mengatur volume pada level rendah dan letakkan di tempat yang tidak terlalu dekat dengan bayi. Pasalnya, suara yang terlalu keras dan terlalu dekat dengan bayi bisa menyebabkan gangguan pendengaran pada mereka.

5. Rekam tangisan bayi dan perdengarkan kepada mereka

Pada saat bayi Moms menangis, cobalah untuk merekamnya dan perdengarkan hasil rekaman tersebut kepada mereka. Kemungkinan, si kecil akan terpesona dengan suara tangisannya sendiri.

Gangguan yang mengejutkan seperti rekaman suara dapat menyentak bayi dari hal-hal yang telah membuat mereka kesal dan menangis. Pada dasarnya, bayi tertarik dengan dunia di sekitar mereka. Oleh sebab itu, memperkenalkan sesuatu yang baru seperti memperdengarkan rekaman dapat memutus siklus tangisan pada bayi.

Moms, itulah 5 cara yang bisa Moms praktikkan untuk menghentikan tangisan si kecil. Ketika menghadapi bayi yang rewel, pastikan Moms bersabar dan tetap tenang agar Moms terbebas dari stres yang bisa berpengaruh juga kepada si kecil. Semoga informasi ini membantu ya, Moms!

Selanjutnya: 7 Cara Merawat Kulit Bayi Supaya Tetap Sehat dan Terhindar dari Iritasi

 

Editor: Ana Risma
Terbaru