HOME, Keluarga

Bawang Putih Bisa Menyembuhkan Anosmia Akibat Covid-19

Bawang Putih Bisa Menyembuhkan Anosmia Akibat Covid-19

MOMSMONEY.ID - Bawang putih ternyata ampuh menyembuhkan anosmia saat mengalami Covid-19. Kehilangan kemampuan mencium bau atau anosmia masih dialami banyak orang yang terinfeksi Covid-19.

Anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau atau indra penciuman tak peka. Kondisi umum anosmia sementara seperti iritasi lapisan hidung, yang terjadi pada alergi atau pilek. 

Pengidap anosmia tak bisa membaui aroma makanan, sulit mencium wangi bunga, bau parfum, sampai tak menyadari bahaya kebakaran atau gas bocor. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan anosmia? Adakah obat untuk menyembuhkan anosmia? 

Baca Juga: Panduan untuk Bumil Positif Covid-19 saat Melahirkan

Salah satu obat alami untuk mengatasi anosmia adalah bawang putih. Bumbu dapur ini mengandung asam risinoleat, zat yang bersifat antiperadangan dan antibakteri, dikutip dari Healthline. 

Cara mengobati anosmia dengan menggunakan bawang putih sangat mudah, cukup geprek atau tumbuk lima siung bawang putih, tambahkan air secukupnya, kemudian rebus selama dua menit. Minum ramuan tersebut selagi hangat sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi masalah hidung tidak bisa mencium bau.

Bawang putih mengandung asam risinoleat yang bersifat anti-inflamasi. Zat ini dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Adanya sifat anti-bakteri dalam asam rinoleat pada bawang putih juga dapat membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan juga memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

Berikut kandungan nutrisi bawang putih lainnya. Berikut ini adalah kandungan nutrisi di dalam 100 gram bawang putih mentah:

6,3 gram protein

0,5 gram lemak

33 gram karbohidrat

2,1 gram serat

181 miligram kalsium

1,7 miligram zat besi

25 miligram magnesium

153 miligram fosfor

401 miligram kalium

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antiradang.

Baca Juga: Dilarang Melakukan Hal-Hal ini Saat Melaksanakan Isolasi Mandiri

Alangkah baiknya sebelum mengonsumsi obat anosmia alami khususnya untuk yang diminum, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani.

Jika sudah beberapa kali mencoba tetapi anosmia tak kunjung sembuh, minta dokter meresepkan obat untuk mengatasi anosmia ini.

Selanjutnya: Macam-Macam Hormon Bahagia dan Manfaatnya untuk Tubuh di saat Pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News