Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 14:35 WIB
Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

ILUSTRASI. Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

MOMSMONEY.ID - Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan lendir, alergen, atau polutan, sehingga Anda tidak terus menerus menghirupnya.

Batuk biasanya bukan penyakit yang harus dikhawatirkan. Batuk terbagi atas dua jenis, batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dahak atau lendir. Sedangkan batuk berdahak biasanya ditandai dengan lendir yang terasa mengganjal di tenggorokan. 

Namun melansir dari Harvard Health Publishing, ada kondisi yang ditandai dengan gejala batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh yang perlu diwaspadai seperti berikut ini.

1. Asma

Penderita asma umumnya mengalami batuk terus-menerus disertai sesak napas setelah terpapar faktor pemicu serangan asma.

Asma juga bisa kambuh pada musim tertentu (khususnya musim hujan), setelah menghirup bahan kimia atau wewangian, atau setelah mengalami infeksi saluran pernapasan atas.

2. Infeksi

Batuk terus-menerus bisa juga disebabkan oleh infeksi seperti tuberkulosis (TB), pneumonia, bronkitis, dan batuk rejan (pertusis).

3. Polusi udara

Paparan polusi udara di sekitar lingkungan rumah dan tempat kerja, umumnya berupa bahan kimia atau partikel seperti debu, jamur, sulfur dioksida, dan nitrat dioksida.

Bahkan, udara bersih yang terlalu kering atau terlalu dingin juga dapat memicu batuk.

4. Postnasal drip

Batuk terus-menerus bisa terjadi akibat adanya dahak berlebih pada hidung atau rongga sinus, yang terkumpul pada bagian belakang tenggorokan.

Kondisi ini disebut postnasal drip. Dahak berlebih seringkali disebabkan oleh infeksi sinus.

5. Penyakit asam lambung (GERD)

GERD terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mengiritasi, hingga menyebabkan terjadinya batuk. Di sisi lain, batuk terus-menerus yang tidak membaik dapat memperberat penyakit asam lambung.

Baca Juga: Paru-Paru Sebelah Kiri Sering Sakit? Kenali 5 Penyebabnya Ini

Editor: Helvana Yulian
Terbaru