Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Gejala Dari 5 Penyakit Ini

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 12 November 2021 | 12:44 WIB
Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Gejala Dari 5 Penyakit Ini

ILUSTRASI. Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Gejala Dari 5 Penyakit Ini

MOMSMONEY.ID - Batuk anak tak kunjung sembuh adalah penyakit yang tiba-tiba datang dan kadang sangat meresahkan.

Terlebih, jika situasi ini menyebabkan mereka sulit menyusu atau makan sehingga berat badannya terjun bebas. Untuk tahu cara menghadapinya, sebaiknya cari tahu apa pemicunya.

Menangani batuk anak tak kunjung sembuh tidak sesederhana memberikan obat yang dijual di pasaran. Banyak obat yang tidak disarankan bagi anak yang berusia di bawah 4 tahun.

Baca Juga: Berikut Beberapa Bahan Alami yang Bisa Menjadi Obat Batuk Kering

Efek sampingnya terlalu berbahaya. Untuk memudahkan orangtua menangani batuk bayi dengan cara tepat, kenali dulu beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya, berikut ini dirangkum dari Mayo Clinic dan WebMD.

1. Infeksi

Penyebab utama batuk bayi tidak sembuh-sembuh adalah infeksi virus hingga bakteri. Semuanya akan menimbulkan reaksi terbatuk, refleks alami untuk membersihkan saluran tenggorokan mereka.

Ketika terinfeksi virus atau bakteri, maka produksi lendir di paru-paru dan tenggorokan akan meningkat.

2. Pneumonia

Penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae ini merupakan infeksi di unit penukar gas paru-paru (alveoli). Kondisi ini juga disebut sebagai radang paru yang terisi dengan cairan atau nanah.

Di Indonesia, pneumonia juga dikenal dengan istilah paru-paru basah. Infeksi yang memicu inflasi pada kantong-kantong udara tersebut bisa terjadi di salah satu atau kedua paru-paru.

Imbasnya, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi dengan cairan.

3. Alergi

Sebagian besar anak tidak mengalami alergi musiman hingga usianya menginjak 2 tahun. Namun, ada kalanya batuk bayi tidak sembuh-sembuh karena ada pemicu alergi di lingkungannya.

Mulai dari debu, jamur, tungau, bulu hewan peliharaan, atau alergen lain yang ada di rumah. 

4. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) atau TBC merupakan penyakit yang menyerang paru-paru. Jika tidak ditangani dengan tepat, TBC bisa mengakibatkan kematian. TBC juga sangat menular. Penularan TBC terjadi melalui percikan ludah pengidapnya.

Salah satu gejala umum dari TB adalah batuk yang terjadi secara terus-menerus (3 minggu atau lebih). Penyebabnya adalah infeksi kuman atau bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis.

Sebagai catatan, bakteri Mycobacterium tuberculosis bisa berkembang biak hingga menyebabkan kerusakan pada alveolus.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! 5 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita

5. Reflux

Bayi juga rentan mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala dari kondisi ini adalah anak sering tersedak dan terbatuk ketika asam lambung naik. Pada saat inilah tenggorokan rentan mengalami iritasi dan anak refleks terbatuk.

Solusi terbaik bila batuk balita tidak kunjung sembuh adalah dengan membawanya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan diberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.

Selanjutnya: Ini 5 bahan alami yang bisa jadi obat sariawan anak

Editor: Helvana Yulian
Terbaru