HOME, Bugar

Basic Skincare Untuk Remaja, Begini Tahapannya

Basic Skincare Untuk Remaja, Begini Tahapannya

MOMSMONEY.ID - Basic skincare atau perawatan kulit dasar sudah harus menjadi perhatian sejak remaja, Moms. Kulit yang sudah terawat baik sejak remaja bisa menjadi investasi untuk kulit sehat saat dewasa, lo.

Urutan basic skincare biasa disebut dengan istilah CTMP, yaitu cleanse, tone, moisturize, dan protect. Keempat istilah itu merupakan tahapan skincare paling dasar yang bisa dilakukan sejak remaja.

Moms mungkin bertanya-tanya, apa maksud dari setiap tahapan tersebut? Dilansir dari Huda Beauty dan beautytap.com, yuk simak tahapan basic skincare untuk remaja di bawah ini. Siapa tahu, setelah ini Moms bisa mengajarkannya pada anak Moms yang beranjak remaja.

Baca Juga: Kandungan Skincare yang Ampuh Untuk Jerawat, Apa Saja Ya?

Cleanse

Cleanse atau membersihkan adalah tahap paling awal dalam melakukan basic skincare. Supaya proses membersihkan wajah menjadi maksimal, remaja perlu melakukan double cleansing.

Double cleansing adalah proses membersihkan wajah yang terdiri dari 2 tahap, yaitu membersihkan wajah menggunakan oil-based cleanser dan water-based cleanser. Cara ini perlu untuk dilakukan karena membersihkan wajah satu kali saja tidak cukup untuk mengangkat semua kotoran di wajah secara menyeluruh.

Pertama, remaja bisa menggunakan cleansing oil, cleansing balm, atau milk cleanser untuk digunakan sebagai oil-based cleanser. Tahap ini berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran di wajah.

Kedua, untuk membersihkan sisa minyak, kotoran, dan oil cleanser yang masih menempel di wajah, remaja perlu menggunakan water-based cleanser seperti sabun wajah atau face wash.

Metode double cleansing ini bisa digunakan pada malam hari. Sementara itu, remaja cukup membersihkan wajah dengan face wash di pagi hari.

Oiya Moms, walaupun tujuan tahap ini adalah untuk membersihkan wajah, sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering dalam sehari, ya. Membersihkan wajah terlalu sering bisa menarik semua kelembapan dan minyak alami dari wajah, yang malah akan memicu produksi minyak berlebih di wajah.

Tone

Tahap selanjutnya dari basic skincare adalah mempersiapkan kulit untuk menerima skincare selanjutnya. Nah, toner adalah produk skincare yang berfungsi untuk itu.

Kalau Moms pernah menggunakan toner saat remaja dulu, pasti ingat toner yang berbahan dasar alkohol dan mengeringkan kulit, ya?

Sebenarnya, toner bertujuan untuk menghidrasi kulit supaya siap untuk menerima skincare selanjutnya. Jadi, carilah toner wajah yang bersifat menghidrasi kulit, atau hydrating toner.

Baca Juga: Ragam Penyakit Kulit yang Bisa Diderita Bayi

Moisturize

Anak remaja Moms punya jenis kulit berminyak? Eits, tetap nggak boleh melewatkan tahapan skincare yang satu ini. Moisturizing atau melembapkan kulit penting dalam perawatan kulit lo, Moms.

Baik kulit kering maupun kulit berminyak, keduanya tetap butuh pelembap atau moisturizer. Jika kulit berminyak memiliki kadar kelembapan yang cukup, kulit akan mengirim sinyal pada tubuh untuk menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Sementara itu, kulit kering yang memiliki cukup kelembapan bisa terhindar dari masalah kulit yang terasa kasar atau tertarik.

Saat ini, ada banyak jenis pelembap yang tersedia di pasaran, seperti gel atau cream moisturizer. Gel moisturizer bisa dijadikan pilihan untuk melembapkan kulit berminyak karena teksturnya yang ringan dan tidak terasa berat di wajah.

Anak remaja Moms yang memiliki kulit kering bisa menggunakan pelembap berbahan dasar krim untuk membantu memberikan kelembapan ekstra di wajah.

Baca Juga: Penting! Gunakan Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

Protect

Nah, setelah ketiga tahap skincare di atas selesai dilakukan, hal terakhir yang harus dilakukan adalah melindungi kulit wajah anak remaja Moms dengan sunscreen atau tabir surya.

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa berdampak buruk pada kulit, seperti memicu flek hitam di wajah, membakar kulit, sampai menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Karena fungsinya tersebut, sunscreen termasuk produk skincare anti-aging yang paling penting dan bisa dilakukan sejak remaja, Moms. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 sebanyak dua jari tangan atau sekitar seperempat sendok teh.

Walaupun sekarang ada produk makeup yang mengandung SPF, sebaiknya tidak digunakan sebagai pengganti sunscreen ya, Moms. Soalnya, kandungan SPF pada makeup tidak bisa memberikan perlindungan maksimal seperti sunscreen pada umumnya.

Moms, itu tadi tahapan skincare basic untuk remaja. Jika tahapan-tahapan tersebut sudah rutin dilakukan, anak remaja Moms bisa mulai menambahkan produk lain dalam tahapan skincare sehari-hari, seperti serum atau exfoliating toner.

Selamat mempraktekkan!

Selanjutnya: Memahami Purging pada Kulit Wajah Setelah Pemakaian Skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News