Keluarga

Baru Pertama Kali Memelihara Kucing? Siapkan Perlengkapan Ini!

Baru Pertama Kali Memelihara Kucing? Siapkan Perlengkapan Ini!

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang baru akan memelihara kucing untuk pertama kalinya, tentu ada perasaan excited dan senang yang hinggap di pikiran Anda.

Memang, kedatangan kucing sebagai penghuni rumah yang baru akan membuat rumah semakin ramai. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan berbagai benda dan perlengkapan yang akan membuat si kucing merasa nyaman dan betah tinggal di rumah.

Jadi, sebagai pemilik kucing, benda dan perlengkapan apa saja yang perlu dimiliki di rumah? Dilansir dari Comfort Zone dan Daily Paws, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ini Ras Kucing Termahal di Dunia, Apa Saja?

Pet carrier

Hal pertama yang wajib Anda miliki adalah pet carrier atau keranjang khusus untuk membawa hewan peliharaan. Dengan benda ini, Anda bisa membawa-bawa kucing peliharaan ke tempat lain, misalnya ke dokter hewan. Pilihlah pet carrier dengan desain yang nyaman digunakan, baik untuk Anda maupun si kucing.

Kotak pasir

Supaya rumah tidak mudah kotor dan bau akibat kotoran kucing, kotak pasir atau litter box menjadi benda yang wajib disediakan di rumah. Idealnya, satu kucing memerlukan kotak pasirnya sendiri. Anda bisa menempatkan beberapa kotak pasir sekaligus di dalam rumah, supaya si kucing tidak buang kotoran di sembarang tempat.

Mangkuk air dan makanan

Untuk memenuhi gizi si kucing, Anda perlu menyediakan mangkuk yang bersih untuk menaruh air dan makanan mereka. Tipe atau jenis mangkuk yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Khusus untuk tempat minuman, coba gunakan tipe mangkuk air dengan pancuran karena bisa merangsang rasa penasaran si kucing untuk minum.

Baca Juga: Jadi Tanda Sayang, Ini 6 Alasan Kucing Suka Menggigit

Perlengkapan bermain

Kucing umumnya perlu diajak bergerak, sehingga Anda perlu menyediakan berbagai perlengkapan bermain. Misalnya, Anda bisa menyiapkan cat scratcher atau penggaruk kuku, cat tree untuk dipanjat si kucing, hingga mainan seperti bola kecil, cat teaser, catnip, dan lain-lain. Jangan lupa, ajak si kucing bermain secara rutin untuk membantu bonding antara kucing dengan pemiliknya.

Makanan

Sebagai makhluk hidup, kucing peliharaan tentu perlu makan. Sebaiknya, sediakan jenis makanan yang sesuai dengan umurnya karena anak kucing dan kucing dewasa perlu jenis nutrisi yang berbeda. Anda juga bisa menyediakan berbagai variasi tekstur makanan, misalnya makanan kering dan basah.

Sisir kucing

Kucing termasuk hewan yang butuh perawatan ekstra pada bagian tubuhnya, terutama bulu-bulunya karena mudah rontok dan bisa dimuntahkan kembali oleh si kucing karena tidak sengaja tertelan. Untuk merawat bulu kucing, Anda bisa menyiapkan sisir atau sikat khusus yang digunakan untuk menyisiri bulunya.

Itulah beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki jika baru akan memelihara kucing untuk pertama kalinya. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News