HOME, AturUang

Banyak Kemudahan, Jumlah Pengguna Terdaftar di Tokopedia Emas Tumbuh Pesat

Banyak Kemudahan, Jumlah Pengguna Terdaftar di Tokopedia Emas Tumbuh Pesat

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Investasi atau tabungan emas makin familiar bagi masyarakat. Bahkan, kini menabung emas bisa dilakukan melakui marketplace, salah satunya di Tokopedia.

Layangan tabungan emas yang dinamakan Tokopedia Emas ini sudah diluncurkan sejak 2019. Head of Investment and Insurance Tokopedia Marissa Dewi mengatakan, diluncurkannya layanan ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong masyarakat untuk memiliki literasi dan manajemen keuangan yang lebih baik, sekaligus mengakselerasi terwujudnya inklusi keuangan di Indonesia.

"Emas juga merupakan instrumen investasi yang dianggap relatif aman dijalankan dalam jangka panjang, mudah dimengerti dan harga yang cenderung terus meningkat bahkan di tengah pandemi," tutur Marissa.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 Hari Ini 15 Oktober, Simak Daftarnya!

Dengan Tokopedia Emas ini, ada berbagai fitur yang memudahkan masyarakat menabung emas, dimana masyarakat bisa membeli dan menabung emas mulai dari Rp 5000, pengguna dapat berbelanja sambil menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout Tokopedia, mulai dari Rp2.000.

Ada juga fitur  ‘Langganan Emas’ yang mendorong masyarakat menabung secara rutin dengan mengatur pembelian emas secara harian, mingguan, maupun bulanan setya mempermudah masyarakat berbagi saldo emas melalui fitur ‘Kado Emas’.

Marissa mengatakan, atas kemudahan-kemudahan yang ditawarkan, jumlah pengguna yang terdaftar dalam Tokopedia Emas pun meningkat signifikan selama dua tahun terakhir.

"Data internal Tokopedia per Juni 2021 mencatat bahwa selama lebih dari dua tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 24 kali lipat," ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menyebut per Juni 2021, transaksi jual-beli emas lewat Tokopedia Emas selama dua tahun terakhir juga bertumbuh 28 kali lipat. Sayangnya, Marissa belum bisa memberikan data detail terkait penarikan tabungan emas ini.

Tak hanya memberi kemudahan, nilai tambah lain dari Tokopedia Emas adalah aman dimana seluruh transaksi diawasi oleh OJK dan sudah memenuhi ketentuan syariah melalui kolaborasi dengan Pegadaian.

Baca Juga: Memanfaatkan Dompet Digital untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

Lantas seperti apa bila ingin menabung emas lewat Tokopedia Emas?

Buka situs atau aplikasi Tokpedia, masuk ke akun Tokopedia, pilih menu 'emas'. Selanjutnya, pilih 'beli emas'.

Setelahnya, isi jumlah emas yang ingin dibeli, baik dalam rupiah maupun gram, lalu lakukan pembayaran.

Setelahnya, emas dengan nominal yang dibeli akan langsung masuk ke tabungan emas.

Nah, cara sama pun dilakukan dalam penjualan emas. Anda hanya tinggal memilih menu 'jual emas'.

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Menguat Signifikan Hari Ini, Jumat (15/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News