HOME, Keluarga

Banyak Diminati, Ini Keunggulan Furnitur Rotan yang Wajib Diketahui

Banyak Diminati, Ini Keunggulan Furnitur Rotan yang Wajib Diketahui

MOMSMONEY.ID - Rotan merupakan salah satu bahan furnitur yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara karena memiliki beragam keunggulan.

Misalnya, rotan merupakan bahan ramah lingkungan yang banyak digunakan pada interior rumah yang mengusung konsep klasik, tradisional. Namun, furnitur rotan sebenarnya sangat cocok digunakan pada gaya interior apapun karena sifatnya yang netral.

Selain sifatnya tersebut, masih ada lagi beragam keunggulan furnitur rotan yang membuatnya populer dan banyak diminati. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Tren Desain Rumah Mewah Ini Diprediksi Populer di Tahun 2022, Lo!

Bobot yang ringan

Dikutip dari Bramble Furniture, rotan merupakan bahan furnitur alami yang memiliki bobot ringan. Hal ini membuatnya jauh lebih unggul dibandingkan bahan lainnya, misalnya kayu.

Jadi, rotan sangat cocok dijadikan furnitur yang sering dipindah-pindahkan atau digeser seperti tempat tidur bayi. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kekuatannya karena durabilitas furnitur rotan cenderung tinggi.

Daya tahan tinggi

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, furnitur rotan memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Artinya, furnitur rotan dapat menopang atau menahan beban yang berat sekalipun sehingga cocok dijadikan ranjang, kursi, atau sofa.

Selain itu, furnitur rotan juga bersifat weatherproof atau tahan terhadap berbagai kondisi cuaca seperti panas atau hujan, serta bisa bertahan hingga puluhan tahun. Jadi, Anda bisa menggunakan furnitur rotan di luar rumah tanpa takut furnitur tersebut cepat rusak.

Ramah lingkungan

Jika Anda termasuk penganut gaya hidup ramah lingkungan, furnitur rotan cocok untuk Anda karena sifatnya yang sustainable atau berkelanjutan.

Mengapa bersifat sustainable? Dilansir dari Casa Indonesia, rotan termasuk bahan yang mudah dibudidayakan dan dapat dipanen dengan cepat. Hal ini tentu lebih menguntungkan dibandingkan dengan kayu yang butuh waktu lama untuk dipanen.

Baca Juga: Mengenal Beragam Model Atap yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Harga terjangkau

Walaupun memiliki kualitas yang tinggi, jangan berpikir bahwa furnitur rotan harganya mahal dan tidak terjangkau.

Kebalikannya, furnitur rotan justru memiliki harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan furnitur berbahan lainnya. Hal ini membuat furnitur rotan sangat terjangkau dan tidak akan menguras dompet Anda.

Lentur dan mudah dibentuk

Salah satu keunggulan rotan adalah memiliki sifat yang fleksibel dan lentur, sehingga mudah dibentuk.

Hal ini membuat rotan bisa dibentuk menjadi furnitur apapun dengan bentuk apapun, misalnya tudung makanan, bingkai cermin, partisi, hiasan dinding, meja, kursi, dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali Ciri Khas Rumah Minimalis yang Simpel dan Cantik

Mudah dirawat

Jika Anda malas merawat furnitur, mungkin Anda akan menyukai furnitur berbahan rotan di rumah Anda. Pasalnya, furnitur yang satu ini sangat mudah dirawat.

Anda cukup menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu di permukaan furnitur rotan, dan gunakan kuas atau sikat untuk membersihkan sela-sela furnitur yang sulit terjangkau.

Cocok dengan gaya interior apa saja

Karena memiliki warna yang natural dan netral, furnitur rotan bisa dikombinasikan dengan gaya interior apa saja, mulai dari gaya rustic, klasik, bahkan modern dan minimalis sekalipun.

Selain itu, furnitur rotan juga cocok dicat dengan warna apapun karena sifatnya yang bisa menyerap cat dengan sempurna.

Itulah beberapa keunggulan furnitur rotan yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News