HOME, Bugar

Banyak Dialami Wanita, Ini Beberapa Penyebab Kanker Serviks

Banyak Dialami Wanita, Ini Beberapa Penyebab Kanker Serviks

MOMSMONEY.ID - Penyebab kanker serviks belum dapat dipastikan, namun kondisi ini terbentuk ketika sel-sel di serviks atau mulut rahim berkembang menjadi ganas.

Kanker serviks berhubungan erat dengan infeksi human papillomavirus (HPV). Selain itu, kemunculan kanker ini juga dikaitkan dengan faktor keturunan dan penyakit menular seksual.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering menyerang wanita.

Di Indonesia sendiri, kanker serviks menempati peringkat kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita, setelah kanker payudara, menurut data dari Kemenkes.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Inilah Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Penyebab utama kanker serviks memang belum diketahui secara pasti. Namun, dirangkum dari Cancer Care dan Women Health, inilah beberapa penyebab kaner serviks yang bisa meningkatkan risiko, antara lain:

1. Kebiasaan makan yang tidak sehat

Penyebab kanker serviks yang pertama adalah memiliki kebiasaan makan makanan yang tidak sehat. Ada beberapa makanan yang memicu kondisi ini terjadi pada sebagian besar wanita.

Pasalnya, kebiasaan makan yang kurang sehat dapat memicu seseorang untuk mengalami peningkatan berat badan.

2. Pola hidup tidak sehat

Penyebab kanker serviks yang kedua adalah pola hidup yang tidak sehat. Wanita dengan berat badan berlebih serta jarang mengonsumsi buah dan sayuran diduga berisiko tinggi terkena kanker serviks.

Risiko ini akan semakin meningkat jika wanita tersebut juga memiliki kebiasaan merokok.

3. Memiliki riwayat keluarga pernah terkena kanker serviks

Penyebab kanker serviks yang ketiga adalah memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena kanker serviks. Tidak menutup kemungkinan, peluang Anda mengalami kanker serviks juga bisa menurun di dalam keluarga.

Misalnya, jika ibu atau saudara wanita Anda pernah mengalami kanker serviks, Anda akan lebih rentan mengalaminya dibandingkan wanita lain yang tidak memiliki riwayat kesehatan keluarga.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan yang Mengganggu? Simak Penjelasannya

4. Hamil usia muda dan sudah beberapa kali hamil dan melahirkan

Penyebab kanker serviks yang keempat adalah hamil usia muda dan sudah beberapa kamil hamil dan melahirkan. 

Mengandung untuk pertama kali saat berusia kurang dari 17 tahun dapat membuat seorang wanita lebih rentan terkena kanker serviks.

Wanita yang pernah hamil dan melahirkan lebih dari 3 kali juga diduga lebih berrisiko terkena kanker serviks.

5. Mengalami infeksi menular seksual lain

Penyebab kanker serviks yang terakhir adalah mengalami infeksi seksual. Jika sebelumnya Anda sudah terkena penyakit infeksi menular, risiko Anda bisa semakin tinggi untuk mengalami kanker serviks.

Meski bukan penyebab utama, tapi mengalami penyakit menular seksual akan lebih memudahkan infeksi virus HPV, yang memicu perkembangan sel-sel abnormal yang menyebabkan kanker leher rahim.

Itulah beberapa penyebab kanker serviks yang bisa jadi meningkatkan risiko tinggi terkena kanker serviks. Langkah pencegahan ini bisa dilakukan saat berkonsultasi ke dokter.

Semua langkah pencegahan ini penting dilakukan karena umumnya kanker serviks tidak menimbulkan gejala pada stadium awal dan baru muncul saat kanker memasuki stadium lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News