March
29
2023
     11:30

Bantu Penjualan UKM Saat Ramadan, Ninja Xpress Beri Solusi lewat Layanan Live Selling

Bantu Penjualan UKM Saat Ramadan, Ninja Xpress Beri Solusi lewat Layanan Live Selling

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Tren belanja online di Indonesia terus berkembang beberapa tahun belakangan ini. Apalagi saat Ramadan, tingginya daya beli masyarakat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, pelaku UKM perlu memahami seperti apa tren e-commerce yang saat ini sedang berkembang. Salah satu tren e-commerce yang tengah berkembang untuk mendongkrak penjualan, yaitu live selling.

Berdasarkan hasil survei Suara UKM Negeri Vol 2 yang dilakukan terhadap lebih dari 300 penjual e-commerce (shipper) yang menggunakan layanan Ninja Xpress di Indonesia, satu dari tiga shipper telah melakukan live selling. Survei yang berlangsung pada November 2022 tersebut memaparkan, ada tiga alasan utama yang membuat shipper melakukan live selling:  

Mampu menghadirkan pelanggan baru

Menjadi cara yang baik untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan pelanggan

Dapat membuat brand lebih dikenal dan trending, termasuk meningkatkan minat beli.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengungkapkan, "Sebagai perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, Ninja Xpress terus memberikan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Bagi  yang ingin memanfaatkan momentum Ramadan, layanan live selling dari Ninja Xpress siap menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan."

Sejalan dengan hal tersebut, dalam "Navigating Ramadan with Digital 2023" yang dirilis Google dipaparkan bahwa platform digital juga berperan dalam hal menentukan pilihan belanja. Di mana penggunaan media digital/platform digital oleh masyarakat Indonesia terus berkembang selama Ramadan.

Selain itu, Survei Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023 yang dirilis Snapcart, menyebutkan bahwa 98% responden tertarik berbelanja online selama Ramadan, hal tersebut dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu gratis ongkir (71%), menyediakan metode pembayaran COD (37%), program Ramadan yang menarik (36%), dan keseruan livestream/live selling dengan penjual (16%).

Live selling tentu bisa menjadi strategi penjualan yang menjanjikan. Sebut saja pada program live selling di TikTok. Dalam program TikTok Shopping Hoki Sale pada Januari 2022, TikTok mencatatkan peningkatan nilai transaksi (GMV) hingga 411% dan peningkatan pesanan di TikTok Shop hingga 564,1%.

Di samping memiliki peluang yang menjanjikan, live selling tentu memiliki tantangan tersendiri. Survei Suara UKM Negeri Vol 2 menjelaskan, tantangan dalam melakukan live selling yang dihadapi oleh shipper, diantaranya mengelola keinginan pembeli saat live selling, memilih platform live selling yang tepat untuk digunakan, serta persiapan dan saat melakukan live selling itu sendiri.

Melalui layanan live selling Ninja Xpress, shipper tidak perlu repot-repot lagi dalam hal persiapan hingga pelaksanaan live selling. Bahkan, untuk talent, seperti host/KOL/MC/Model, hingga studio khusus untuk live selling dan photo produk sudah disiapkan oleh Ninja Xpress. Ramadan kali ini, tema yang dibawa adalah “Ramadan in Color”. Untuk shipper yang ingin menggunakan layanan ini, dua hal yang perlu disiapkan, yaitu menyediakan produk yang dijual dan menyiapkan promosi apa saja yang ingin diberikan.

Untuk terus memberikan layanan yang optimal, Ninja Xpress juga tengah melakukan rekrutmen live selling talent sebagai host yang akan memandu live selling berlangsung. Ninja Xpress juga akan menyediakan trainer profesional untuk talent terpilih sebagai bagian dari fasilitas pelayanan Ninja Xpress untuk shipper yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress.

Tentang Ninja Xpress

Ninja Xpress adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress memberikan pilihan layanan regular, same day, hingga COD ke 100% Wilayah Indonesia. Layanan pengiriman ini juga didukung dengan layanan konsumen yang profesional melalui Respons Cepat dan Resolusi Tepat.

Ninja Xpress juga selalu #SiapBantuSampaiTujuan mengantarkan sukses bagi pelaku UKM lokal dengan menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis UKM lebih cepat dan strategis melalui Ninja Xpress seller booster yang terdiri dari Point Rewards, Creative Hub, KOL, Akselerasi, Ninja Direct, hingga Ninja Fulfillment.

Baca Juga: Peringati Hari Perempuan Internasional, Ninja Xpress & NonaWoman Beri Tips Pengusaha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved