CLOSE [X]
ads

Bantu Memperkuat Imun Tubuh, 5 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Penderita Covid-19

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 17 September 2021 | 09:29 WIB
Bantu Memperkuat Imun Tubuh, 5 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Penderita Covid-19

ILUSTRASI. 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Penderita Covid-19 Foto/Kontan/Alri kemas


MOMSMONEY.ID - Kandungan nutrisi dalam buah dapat menunjang penyembuhan pasien positif virus corona. Kendati bukan pengobatan utama, konsumsi makanan bergizi seperti buah untuk penderita Covid-19 penting dilakukan agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Makanan untuk pasien Covid diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena hingga saat ini belum ada obat yang dapat melawan virus corona. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh akan memiliki imunitas yang kuat untuk dapat melawan Covid-19.

Selama menunggu vaksin corona diberikan, ada beberapa makanan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berikut ini jenis makanan penambah imun untuk mencegah Covid-19. 

Baca Juga: Yuk, Simak Panduan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

1.    Kunyit

Rempah-rempah berwarna kuning ini dikenal akan sifat antioksidan dan antiinflamasi. Inilah mengapa kunyit sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit akibat peradangan, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, dikutip dari Healthline.

Kurkumin, senyawa yang memberi warna khas pada kunyit adalah agen yang sangat manjur untuk membantu penyembuhan luka dan infeksi. Senyawa tersebut membantu mengurangi kerusakan otot akibat berolahraga.

Berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan, kurkumin dapat memperkuat kekebalan tubuh dan memiliki sifat antivirus. Namun, hal itu masih memerlukan lebih banyak penelitian. 

2. Jambu biji

Jambu biji termasuk salah satu buah yang bisa mencegah seseorang terinfeksi Covid-19. Hal ini dikarenakan jambu biji juga mampu meminimalisir tubuh menjadi lebih sehat, sehingga terhindar dari serangan berbagai virus penyakit. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan buah lainnya. 

Perlu Anda ketahui bahwa 100 gram jambu biji mengandung sekitar 228,3 miligram vitamin C, maka inilah yang membuat jambu biji dapat membunuh virus serta bakteri jahat penyebab infeksi termasuk virus corona.  

3. Stroberi

Buah untuk pasien COVID-19 selanjutnya adalah stroberi. Buah berasa masam ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Antioksidan vitamin C dalam stroberi berdasarkan sejumlah penelitian tidak hanya bermanfaat untuk kekebalan tubuh, tetapi baik pula untuk kesehatan kulit.

Selain vitamin C, stroberi juga kaya akan kalium. Mineral ini menunjang sejumlah fungsi tubuh yang penting, termasuk membuat tekanan darah lebih baik.

4. Jahe

Jahe adalah makanan untuk pasien COVID-19 agar dapat melawan virus di dalam tubuh. Jahe juga dapat mengurangi peradangan, dan pembengkakan kelenjar atau sakit tenggorokan dan peradangan lainnya.

Dilansir dari Medical News Today, jahe memiliki kandungan gingerol, senyawa bioaktif utama yang dapat mengurangi rasa sakit dan melawan mual, anti-inflamasi dan antioksidan tinggi. Bagi pasien COVID-19 disarankan untuk mengonsumsi 3-4 gram ekstrak jahe sehari, tapi jangan lebih dari 1 gram sehari jika Anda sedang hamil.

5. Kerang

Kerang mungkin bukan makanan yang terpikirkan ketika ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi beberapa jenis kerang mengandung seng. Meskipun tidak sepopuler vitamin dan mineral lainnya, seng berperan penting dalam membantu sel kekebalan agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa jenis kerang yang kaya seng, antara lain tiram, kerang, kepiting, dan lobster. Seng juga bisa ditemukan dalam makanan, seperti kacang mete, buncis, dan lain-lain.

Baca Juga: Waspadai Komorbid Pada Penderita Covid-19, Ketahui Macam-Macamnya

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah imun, sehingga bisa terhindar dari penyakit Covid-19. Bila kamu sakit atau mengalami gejala kesehatan tertentu, jangan panik dulu karena belum tentu itu gejala Covid-19.

Perlu diingat, makanan dan suplemen ini tidak bersifat menyembuhkan dan hanya membantu tubuh dapat berperang melawan virusnya. Tak hanya makanan yang disebutkan di atas saja, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat lainnya dengan gizi seimbang.  

Selanjutnya: 7 Tips Sebelum Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru