Keluarga

Bantu Janin Jadi Sehat, 6 Makanan Bergizi ini Baik untuk Ibu Hamil

Bantu Janin Jadi Sehat, 6 Makanan Bergizi ini Baik untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi sederet makanan bergizi berikut ini.

Makanan bergizi untuk ibu hamil sangat diperlukan. Pasalnya, makanan bergizi ini nantinya akan dibagi menjadi dua, yakni untuk janin dan untuk ibu hamil itu sendiri.

Apabila pasokan makanan begizi yang dikonsumsi kurang, maka dikhawatirkan janin tak dapat tumbuh sempurna.

Nah untuk itu, MomsMoney telah hadirkan beberapa makanan bergizi untuk ibu hamil yang dirangkum dari laman Dapur Umami, berikut ini.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng Tanpa Bahayakan Kesehatan Keluarga

Ikan

Meski ibu hamil perlu mengurangi berbagai makanan laut, namun tidak dengan ikan. Ikan adalah salah satu makanan bergizi untuk ibu hamil yang kaya akan protein sehingga berguna bagi ibu hamil & calon anak.

Salmon

Ikan yang bisa dikonsumsi antara lain adalah jenis ikan tawar dan ikan laut. Namun khusus untuk ikan laut, Moms direkomendasikan agar hanya mengonsumsi ikan salmon yang mengandung omega-3 yang baik bagi otak.

Itu pun Moms harus memasaknya dengan baik agar benar-benar matang untuk mewaspadai adanya berbagai jenis bakteri yang masih hidup di dalam daging salmon mentah.

Selain ikan salmon, jangan konsumsi jenis makanan laut lainnya karena dikhawatirkan mengandung merkuri yang dapat merusak tumbuh kembang bayi di dalam perut ibu hamil.

Baca Juga: 6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

Bayam

Bayam jadi salah satu makanan begizi yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Pasalnya, bayam mengandung zat besi yang tinggi serta asam folat yang baik untuk tumbuh kembang otak dan tulang pada janin.

Makanan bergizi untuk ibu hamil yang satu ini mengandung 130 mikrogram folat di setiap 95 gram bayam yang dikonsumsi. Ini jelas akan bermanfaat besar bagi pertumbuhan bayi yang dikandung apabila ibu hamil mengonsumsi bayam secara rutin.

Susu

Segelas susu

Baca Juga: Berbahaya! Ini 11 Barang yang Tak Boleh Anda Masak di Air Fryer

Susu merupakan makanan bergizi untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi dan tak boleh dilewatkan sama sekali. Ini karena susu mengandung aneka gizi dan nutrisi baik yang membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil & sang buah hati.

Di dalam 1 gelas susu, mengandung 350 mg kalsium dari 1000 mg kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya. Kandungan kalsium ini nantinya akan membuat tubuh kembang bayi dalam kandungan menjadi baik dan sempurna.

Brokoli

Brokoli mengandung sebuah zat yang memiliki fungsi luar biasa bernama zat kolin. Zat kolin ini biasa hadir pada tumbuhan dengan jenis brasika atau tumbuhan anggota suku kubis-kubisan seperti brokoli, kubis, sawi, dan moster.

Zat kolin itu sendiri merupakan sebuah zat yang mampu mencegah kecacatan pada janin, loh.

Hanya dengan mengonsumsi 1 porsi brokoli atau tunbuhan brasika lainnya, ibu hamil dapat memenuhi hingga 13% kebutuhan kolin yang dibutuhkan setiap harinya.

Jadi, brokoli direkomendasikan untuk jadi makanan bergizi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Telur

telur

Telur adalah salah satu makanan bergizi untuk ibu hamil yang murah dan mudah didapatkan.

Di dalam telur, terdapat berbagai gizi yang dapat dicerna tubuh seperti zat besi, asam folat, kalsium, serta aneka vitamin yang baik untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Cara mengonsumsi telur dengan cara terbaik tentu saja dengan direbus. Tapi ingat, telur harus matang sempurna agar tak mengandung bakteri berbahaya apapun, ya.

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Daging-dagingan

Daging-dagingan, termasuk daging ayam & daging sapi juga direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin karena makanan ini tergolong makanan bergizi untuk ibu hamil.

Di dalam makanan bergizi ini, terdapat aneka gizi penting seperti protein hewani yang memang dibutuhkan manusia, termasuk ibu hamil. Tentunya ini dimaksudkan agar pertumbuhan otak sang bayi dalam kandungan tetap berjalan dan tidak kekurangan apapun.

Daging sapi contohnya, mengandung 3 mg zat besi di setiap 100 gram daging yang dikonsumsi. Zat besi ini berguna untuk memberi pasokan oksigen yang lancar bagi janin dalam perut. Ibu hamil dapat mengonsumsinya bersama bayam yang dikenal memiliki zat besi tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan bergizi untuk ibu hamil yang MomsMoney rekomendasikan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News