HOME, Keluarga

Bangun Rumah dengan 1 Lantai atau 2 Lantai? Ini Perbandingannya

Bangun Rumah dengan 1 Lantai atau 2 Lantai? Ini Perbandingannya

MOMSMONEY.ID - Selain dari luas bangunan dan gaya eksteriornya, tipe rumah kerap dibagi berdasarkan jumlah lantainya. Tipe yang umum ditemui di Indonesia adalah rumah dengan 1 lantai atau 2 lantai.

Masing-masing jenis rumah ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya, rumah dengan 1 lantai lebih simpel dan terjangkau, sedangkan rumah 2 lantai menawarkan pemandangan yang indah dari lantai atas dan privasi yang lebih terjaga.

Masih bingung menentukan jenis rumah apa yang cocok untuk Anda? Merangkum penjelasan dari laman Schumacher Homes, Realtor, dan The Plan Collection, berikut perbandingan antara rumah dengan 1 lantai dan 2 lantai.

Baca Juga: Kelebihan Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur, Salah Satunya Menjaga Privasi!

Biaya

Bila dibandingkan dari segi biaya, rumah dengan 1 lantai pada dasarnya lebih unggul dibandingkan dengan rumah dengan 2 lantai.

Pasalnya, biaya yang perlu dikeluarkan untuk membangun atau membeli rumah 1 lantai tentu lebih sedikit daripada rumah 2 lantai. Jadi, rumah 1 lantai umumnya menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang baru akan pertama kali membeli rumah, atau ingin memiliki rumah dengan budget terbatas.  

Desain

Dari sisi desain, rumah 1 lantai cenderung lebih mudah didesain dan lebih praktis, karena banyak ruangan yang bisa digabung menjadi satu. Hasilnya, Anda dapat menghemat banyak waktu saat mondar-mandir di dalam rumah tanpa perlu naik-turun tangga.

Sementara itu, rumah 2 lantai umumnya tidak menawarkan banyak variasi desain, khususnya pada plafon atau langit-langit karena tinggi rumah yang terbatas. Selain itu, karena rumah 2 lantai akan menopang beban lebih berat, fondasinya juga harus lebih dalam daripada rumah 1 lantai.

Luas rumah

Jika memiliki lahan yang luas, rumah 1 lantai bisa dibangun sebesar dan seluas mungkin. Jadi, rumah 1 lantai 1 sangat mudah untuk diperluas asalkan lahannya masih ada.

Di sisi lain, rumah 2 lantai akan ideal jika Anda menginginkan rumah yang dapat menampung seluruh keluarga besar, tapi tidak memiliki lahan yang cukup. Jadi, sisa lahan yang ada bisa dimanfaatkan untuk membuat area outdoor seperti taman atau carport.

Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Suasana ala Spa di Kamar Mandi Rumah

Kenyamanan dan keamanan penghuni

Membahas masalah kenyamanan dan keamanan penghuninya, baik rumah 1 lantai maupun 2 lantai sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Misalnya, rumah 1 lantai umumnya akan lebih nyaman dan aman saat dihuni oleh anak-anak dan lansia. Sebab, rumah dengan 2 lantai dapat menyulitkan pergerakan mereka jika ingin naik atau turun tangga ke lantai lainnya. Tak hanya itu, tangga juga bisa menyebabkan penghuni rumah terjatuh jika tidak berhati-hati.

Sementara itu, rumah 2 lantai menawarkan kenyamanan dari segi privasi karena akan ada area terpisah bagi penghuni rumah di lantai bawah dan atas. Sebagai tambahan, udara dari luar akan lebih mudah masuk dari lantai 2 sehingga melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah.

Baca Juga: Mau Beli Kasur Tipe Spring Bed? Pahami Plus dan Minusnya

Perawatan

Terakhir, dari segi perawatan, rumah 1 lantai relatif lebih mudah dirawat dan dibersihkan karena Anda hanya perlu menjangkau rumah seluas 1 lantai saja. Biaya-biaya maintenance seperti listrik dan air pun akan lebih hemat.

Sementara itu, rumah dengan 2 lantai akan membutuhkan tenaga ekstra untuk dibersihkan. Selain harus membersihkan kedua lantai, Anda juga harus bolak-balik naik-turun tangga. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam menemukan cara membersihkan rumah yang lebih efektif dan efisien.

Itulah perbandingan antara rumah 1 lantai dan 2 lantai yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, sudah tahu rumah seperti apa yang Anda inginkan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News