HOME, Keluarga

Bangun Kepercayaan Anak Balita Anda dengan Menerapkan 3 Tips Berikut Ini

Bangun Kepercayaan Anak Balita Anda dengan Menerapkan 3 Tips Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Membangun kepercayaan anak adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang positif, memungkinkan perkembangan yang sehat, serta mendukung kemajuan soft skill mereka.

Pada balita, kepercayaan mungkin merupakan konsep yang tergolong sulit untuk dipahami. Meskipun demikian, bukan berarti kepercayaan anak tidak dapat Anda bangun sedini mungkin.

Melansir Opal Academy, ada 3 tips yang bisa diterapkan untuk memudahkan usaha Anda dalam membangun kepercayaan dalam diri anak balita Anda. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ketahui Bagian Tubuh Kucing Mana yang Paling Suka Dibelai

1. Selalu ucapkan selamat tinggal sebelum berpisah

Kecemasan akan perpisahan merupakan suatu permasalahan yang cenderung sulit bagi balita, namun sangat normal terjadi dalam perkembangan mereka. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan anak balita Anda saat mereka mengalami kecemasan akan perpisahan yaitu dengan mengucapkan selamat tinggal sebelum berpisah.

Cara ini bisa Anda terapkan saat Anda hendak pergi bekerja atau setelah mengantarkan si kecil ke tempat penitipan anak.

Tidak peduli betapa sedihnya anak balita Anda, mengucapkan selamat tinggal sebelum berpisah secara konsisten dan memastikan bahwa Anda akan selalu kembali dapat mendorong mereka untuk senantiasa memercayai Anda.

2. Ucapkan “saya percaya kepadamu” dalam pembicaraan sehari-hari

Biasanya, balita ingin melakukan segala sesuatunya sendiri. Mungkin, perilaku anak balita Anda yang demikian akan membuat Anda merasa kewalahan lantaran Anda tidak ingin melihat mereka terluka atau frustasi. Kendati begitu, alangkah baiknya Anda menyingkirkan perasaan atau pemikiran yang semacam itu dan membiarkan anak Anda menjelajahi dunianya sendiri.

Misalnya, apabila suatu hari anak Anda ingin mengendarai sepeda kecilnya sendirian, maka Anda dapat membiarkannya asalkan mereka mengenakan helm dan sudah memahami langkah-langkah bersepeda yang telah Anda ajarkan.

Yang paling penting, katakan kepada anak balita Anda bahwa Anda percaya mereka bisa melakukannya.

Usahakan juga untuk tetap berada di dekat anak selama mereka beraktivitas sendirian dan berikan pujian jika mereka bisa bermain dengan baik.

Tatkala anak jatuh atau gagal melakukan sesuatu, hiburlah dan bangkitkan kembali semangatnya. Dengan begini, kepercayaan dan ketahanan anak pun akan terbangun secara perlahan.

3. Bacakan buku tentang kepercayaan

Bagi balita dan anak-anak prasekolah, kepercayaan merupakan konsep yang agak sulit. Namun, semakin Anda mengekspos mereka dengan kepercayaan, maka semakin besar kesempatan bagi anak untuk belajar tentang hal tersebut.

Sebagai orang tua, Anda tidak hanya dituntut untuk menjadi teladan yang baik bagi anak dan selalu mengatakan hal-hal yang sebenarnya kepada mereka, tetapi juga harus pintar-pintar melibatkan topik kepercayaan dalam permainan yang anak mainkan dan cerita yang Anda bacakan.

Adapun buku-buku yang bisa Anda pilih untuk dibacakan kepada anak tidak harus spesifik tentang kepercayaan.

Intinya, temukanlah alasan apapun untuk berbicara tentang kepercayaan kepada anak balita Anda meskipun contoh yang diberikan sangatlah sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News