Santai

Bandara Soekarno-Hatta Raih Peringkat 28 Terbaik Dunia 2024 Versi Skytrax

Bandara Soekarno-Hatta Raih Peringkat 28 Terbaik Dunia 2024 Versi Skytrax

MOMSMONEY.ID - Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II mencatat prestasi positif. Pasalnya, bandara ini mendapatkan peringkat ke 28 dalam daftar 100 bandara terbaik dunia 2024 (World’s Top 100 Airport 2024) yang dipublikasikan Skytrax pada 17 April 2024.

Peringkat ini meningkat 15 tangga, dimana pada tahun 2023, bandara ini menduduki peringkat 43.

Pencapaian ini sekaligus memenuhi target AP II, yang sebelumnya mencanangkan Bandara Soekarno-Hatta bisa menembus 30 besar peringkat terbaik dunia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Agus Wialdi mengatakan, peringkat 28 dunia adalah posisi tertinggi Bandara Soekarno-Hatta sepanjang sejarah. Menurutnya, pencapaian ini juga berkat kerja keras seluruh stakeholder, dukungan penuh dari masyarakat, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membawa Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat terbaiknya, yakni peringkat 28 dunia," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4.

Bukan hanya itu, bandara Soekarno-Hatta juga menduduki peringkat kelima dunia dalam daftar bandara terbaik 2024 kategori 60 juta - 70 juta penumpang per tahun (Best Airports 2024: 60 to 70 Million Passengers).

Baca Juga: Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara Akibat Erupsi Ruang, 33 Penerbangan Terdampak

Lebih lanjut, Agus Wialdi menuturkan keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta juga terkait dengan program Transformasi Bandara Soekarno-Hatta yang dijalankan pada 2023.

Pada 2023, Tim Percepatan Transformasi Pelayanan, Bisnis, Dan Operasi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dibentuk, yang fokus pada Airport Expression (meningkatkan keindahan interior bandara), Operational & Commercial Excellence (meningkatkan aspek operasional dan komersial bandara), Customer Experience (meningkatkan pengalaman penumpang pesawat di bandara), Digital Exploration (mengadopsi digitalisasi untuk pelayanan dan operasional di bandara) dan Enroute Expansion (penambahan kapasitas penerbangan).

“Melalui program transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN sejak 2023, Bandara Soekarno-Hatta semakin sejajar dengan bandara-bandara terbaik di dunia dan mampu meningkatkan pelayanan, operasional dan komersial sehingga peringkat dunia jauh lebih baik pada 2024,” kata Agus.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda juga mengatakan pencapaian ini menjadi penyemangat bagi seluruh personel untuk semakin memberikan yang terbaik bagi masyarakat khususnya penumpang pesawat.

“Kami berharap pencapaian ini menjadi kebanggan seluruh personel dari seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta, dan juga menjadi kebanggaan masyarakat,” ujar Dwi Ananda.

Dwi juga mengatakan, pada 2023, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 50,9 juta penumpang atau merefleksikan tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 93% dibandingkan 2019. Ini menjadikan Bandara Soekarno-Hatta ditetapkan sebagai The Most Recovered Airport pada Asia-Pacific Avation Network Champions tahun ini.

Dwi Ananda menuturkan Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkatkan pelayanan kepada penumpang pesawat.

Adapun, daftar bandara terbaik dunia ini ditetapkan Skytrax melalui asesmen terhadap sekitar 500 bandara di dunia, serta melibatkan pelanggan yang berasal dari lebih dari 100 negara untuk menilai 44 titik pelayanan di bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News