Santai

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara Akibat Erupsi Ruang, 33 Penerbangan Terdampak

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara Akibat Erupsi Ruang, 33 Penerbangan Terdampak

MOMSMONEY.ID - Operasional Bandara Sam Ratulangi di Manado ditutup sementara akibat terdampak abu vulkanik Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Penutupan sementara bandara tersebut pun berlangsung mulai hari ini (18/4) pukul 08.00 WITA. Akibat penutupan ini terdapat 33 penerbangan yang terdampak.

"Saat ini, ada 33 penerbangan di Bandara Sam Ratulangi yang terdampak akibat letusan Gunung Ruang, yaitu 18 keberangkatan dan 15 kedatangan," ujar Direktur Operasi AirNav Indonesia Riza Fahmi dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4).

Dia pun memerinci, dari penerbangan itu, terdapat 3 pesawat kargo dan sisanya adalah pesawat penumpang. Adapun jumlah penumpang yang terdampak sekitar 3.182 orang.

Baca Juga: Simak Prakiraan Cuaca Bekasi, Depok dan Bogor, Besok (19/4)

AirNav juga sudah mengeluarkan Notice to AirMen (NOTAM) terkait penutupan bandara ini, dengan nomor A1000/24 NOTAMR A0999/24 dan diperpanjang penutupannya sampai dengan 23.59 WITA Kamis 18 April 2023 dengan nomor NOTAM: A1003/24.

Fahmi mengatakan, pihaknya akan memberikan informasi lanjutan bila terdapat perkembangan terbaru.

AirNav akan bekerja sama dengan stakeholder terkait, yakni Angkasa Pura, BMKG, dan otoritas bandara setempat untuk memastikan penerbangan di Manado dan sekitarnya aman terkendali.

Adapun ketinggian letusan erupsi Gunung Ruang mencapai 3.725 meter di atas permukaan laut. Berdasarkan citra satelit BMKG, jam 01.30 UTC atau 09.30 WITA, sebaran debu vulkanik terdeteksi menyebar di beberapa wilayah Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News