Santai

Bakal Segera Dilarang, Ini 4 Manfaat Thrifting Barang Bekas

Bakal Segera Dilarang, Ini 4 Manfaat Thrifting Barang Bekas

MOMSMONEY.ID - Sedang jadi perbincangan yang kontroversial, ketahui dulu yuk beberapa manfaat thrifting baju bekas berikut ini.

Baru-baru ini kabar pembatasan impor baju bekas sedang jadi pembicaraan viral. Padahal ternyata thrifting memiliki beragam keuntungan bagi diri sendiri dan juga lingkungan, lo.

Thrifting adalah kegiatan berburu atau membeli baju bekas atau barang bekas lainnya yang masih layak pakai. Fenomena thrifting menjadi budaya yang makin hari makin digandrungi oleh remaja-remaja Indonesia.

Baca Juga: Banyak Dijalani Selebriti dan Turis di Bali, Apa sih Tradisi Melukat Itu?

Dulunya budaya membeli baju bekas atau thrifting bukanlah budaya yang dianut oleh kebanyakan anak muda di Indonesia. Namun kini menjadi sangat terkenal karena pengaruh influencer yang juga gemar melakukan thrifting.

Meski terancam akan mengalami pembatasan jumlah impor, ternyata thrifting memberikan banyak keuntungan bagi diri sendiri dan kehidupan sekitar.

Apa saja sih alasan dan keuntungan dari thrifting ini? Berikut Momsmoney telah merangkumnya.

Berdonasi

Penyedia, thrift store atau toko-toko yang menyediakan barang bekas ini juga biasanya sering melakukan kegiatan amal. Hasil dari pakaian atau barang bekas yang terjual akan di donasikan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Biasanya komunitas-komunitas kecil menjadi sasaran untuk diberikan donasi tersebut. Selain mendapatkan pakaian baru tentunya Anda juga dapat berbuat baik dengan berdonasi ke sesama.

Mengurangi limbah

Limbah pakaian ternyata juga menyumbang limbah terbanyak di Bumi. Baik itu limbah dari pabrik maupun dari pakaian yang dibeli. Dengan membeli baju bekas yang masih layak pakai, Anda dapat membantu untuk mengurangi jumlah limbah di Bumi.

Jika sudah bosan dengan pakaian tersebut, Anda juga masih dapat memberikan pakaian tersebut sebagai donasi. Dengan begitu maka limbah kain, pewarna pakaian, dan baju-baju dapat dikurangi.

Baca Juga: Ingin Tahu Kapan Waktu Tepat untuk Unfollow Akun di Instagram? Ini Jawabannya

Aman bagi dompet

Tentu saja berbelanja pakaian bekas akan lebih murah daripada harus membeli pakaian baru. Jika beruntung Anda juga akan mendapatkan barang kualitas tinggi dengan harga yang murah. Dompet Anda pun tentunya juga akan lebih aman.

Selain itu, barang-barang bekas yang dijual di toko baju bekas atau thrift store biasanya memiliki kualitas yang baik. Karena sudah melalui proses sortir dari toko tersebut. Sisanya hanya tinggal Anda saja yang harus meneliti kembali barang tersebut.

Menemukan barang-barang unik

Thrifting memberikan pengalaman tersendiri karena usaha yang dilakukan untuk memperoleh baju yang bagus. Biasanya barang-barang unik atau pakaian vintage juga sangat mudah ditemukan saat melakukan kegiatan thrifting ini.

Selain unik tentunya pakaian yang Anda pakai tidak mungkin memiliki kembaran. Jadi tidak perlu takut untuk menggunakan pakaian yang Anda gunakan kapan pun. Anda tentunya juga dapat berkreasi dengan membuat tampilan baru dari pakaian dan barang Anda tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan dan alasan untuk memulai gaya hidup thrifting. Setuju kah dengan kebijakan pemerintah tentang pembatasan thrifting?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News