HOME, Bugar

Baikkah Minum Air Dingin Saat Berbuka Puasa? Simak Penjelasannya

Baikkah Minum Air Dingin Saat Berbuka Puasa? Simak Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus, tubuh manusia akan kehilangan cairan. Oleh karena itu, seseorang membutuhkan minuman ketika berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi akut. Beberapa orang mungkin memilih air hangat yang manis seperti teh, sementara lebih banyak orang memilih air es.

Berbuka dengan air dingin saat berbuka puasa memang menyegarkan, tetapi apakah ini baik untuk kesehatan?

Dilansir dari Rumah Sakit Paru Respira, minum es saat berbuka puasa ternyata memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan. Ada dua dampak negatif mengonsumsi air dingin saat berbuka puasa.

Pertama, gangguan pencernaan. Minum es saat berbuka puasa akan menyebabkan kinerja lambung menjadi lambat. Sebab, lambung harus bekerja keras menyesuaikan suhu es yang Anda minum dengan suhu tubuh terlebih dahulu.

Baca Juga: Menghindari Lelah, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Ramadan

Apalagi, saat berpuasa, perut dalam kondisi kosong selama kurang lebih 13 jam akan mengalami efek kaget atau kontraksi ketika langsung menerima air dingin. Hal ini membuat perut mudah penuh dan cenderung kembung. Biasanya akan lebih mudah dialami oleh seseorang yang menderita maag.

Kedua, selain gangguan pencernaan, minum es saat berbuka puasa juga dapat memicu beragam gangguan kesehatan. Khususnya untuk seseorang yang memiliki imunitas rendah, sehingga lebih mudah sakit. Ini karena minum es dapat memicu produksi lendir berlebihan dalam tubuh. Produksi lendir yang berlebihan dapat menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh. Utamanya di bagian tenggorokan yang akan membuat bakteri atau virus cepat masuk, serta memicu radang. Ini juga dapat memicu sakit kepala ringan dan efek jangka panjangnya akan mengganggu produktivitas saat berpuasa.

Alih-alih minum es atau air dingin, Anda disarankan untuk berbuka puasa dengan air hangat atau air biasa dengan suhu ruang. Ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Pertama, air hangat dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Selain itu, air hangat juga dapat lebih cepat mengembalikan suhu tubuh, sehingga tidak memperlambat kinerja lambung.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Akan Berpuasa

Selain itu, minum air seharusnya memiliki peran dalam pemeliharaan tubuh, membuang racun, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan berat badan. Namun, pemilihan jenis minuman yang salah saat berbuka puasa, justru akan membuat tubuh mengalami masalah.

Maka, hindari atau kurangi untuk minum minuman yang mengandung banyak gula atau minuman ringan kemasan yang dapat mengakibatkan banyak masalah termasuk gas, kembung, sakit perut, dan penambahan berat badan.

Boleh-boleh saja kok, minum es saat berbuka puasa. Namun, sebaiknya dilakukan setelah makan besar dan setelah minum air hangat atau air biasa terlebih dulu. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum harian sepanjang malam ya, Mom, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama puasa Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News