Baik untuk Kulit, Cek Ragam Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Rabu, 05 April 2023 | 16:23 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Baik untuk Kulit, Cek Ragam Manfaat Selada Air untuk Kesehatan


KESEHATAN - Manfaat selada air untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan penting untuk diketahui. Selain itu, manfaat selada air untuk kesehatan tubuh juga telah teruji klinis. 

Selain itu, selada air juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, manfaat selada air untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam selada air di antaranya seperti karbohidrat, protein, serat, zat besi, kalium, vitamin C dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

Selain itu, selada air juga termasuk salah satu sayuran yang cukup banyak diminati di Indonesia dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Lalu apa saja manfaat selada air untuk kesehatan? 

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat selada air untuk kesehatan yang menari diketahui:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat selada air untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, selada air mempunyai banyak serat dan nutrisi ysng membantu melancarkan sisten pencernaan.

Baca Juga: Melancarkan Sistem Pencernaan, Ini 6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain baik untuk pencernaan, selada air juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Pasalnya, selada air mengandung lutein dan zeaxanthin yang baik untuk penglihatan serta mengurangi risiko kerusakan retina.

3. Baik Untuk Kulit

Tidak berhenti disitu, selada air juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selada air terbukti menjadi pendamping detoks yang bagus untuk kulit. 

Hal tersebut dikarenakan selada air mengandung belerang yang dikenal untuk membantu penyerapan protein, pemurnian darah dan pembentukan sel serta meningkatkan kesehatan rambut.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui, Apa Saja?

4. Menjaga Keseimbangan Air 

Manfaat selada air untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menjaga hidrasi. Pasalnya, selada air dikemas dengan potasium yang mampu menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat selada air untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, selada air mengandung senyawa glukosinolat yang mampu membatasi kanker usus besar, payudara, paru-paru dan prostat.

Menurut buku Healing Foods, Selada air adalah sumber antioksidan vitamin C dan beta karoten yang membantu melawan radikal bebas termasuk mengurangi risiko kanker. Itulah beberapa manfaat selada air untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru