HOME, Keluarga

Baik untuk Kesehatan Mental, Yuk Praktikkan Meditasi Mindfulness!

Baik untuk Kesehatan Mental, Yuk Praktikkan Meditasi Mindfulness!

MOMSMONEY.ID - Mindfulness adalah jenis meditasi di mana Anda diharuskan untuk fokus dan menjadi sangat sadar akan apa yang Anda rasakan saat ini tanpa interpretasi atau penilaian. Mempraktikkan mindfulness melibatkan metode pernapasan, citra terpandu, dan praktik lain untuk merilekskan tubuh serta pikiran sekaligus membantu mengurangi stres.

Mengutip HelpGuide, seorang pendiri dan mantan direktur Stress Reduction Clinic di University of Massachusetts Medical Center bernama Profesor emeritus Jon Kabat-Zinn mengungkapkan bahwa praktik meditasi mindfulness dalam pengobatan umum telah membawa perbaikan entah bagi gejala fisik maupun psikologis serta perubahan yang positif dalam kesehatan, sikap, dan perilaku.

Selengkapnya, berikut 3 manfaat mempraktikkan mindfulness yang patut Anda catat.

Baca Juga: Catat! Ini 12 Cara Ampuh Mencegah Vertigo Kambuh

1. Meningkatkan kesejahteraan

Mindfulness dapat meningkatkan kapasitas Anda untuk bersikap penuh kesadaran guna mencapai kehidupan yang memuaskan. Saat Anda mampu bersikap penuh kesadaran, itu akan memudahkan Anda untuk menikmati kesenangan dalam hidup, membantu Anda untuk terlibat dalam berbagai aktivitas sepenuhnya, dan menciptakan kapasitas yang lebih besar untuk menghadapi kejadian buruk.

Secara perlahan, Anda cenderung tidak akan terjebak dalam kekhawatiran tentang masa depan atau penyesalan masa lalu, tidak disibukkan dengan kekhawatiran tentang kesuksesan dan harga diri, serta lebih mampu untuk membentuk hubungan yang mendalam dengan orang lain.

2. Meningkatkan kesehatan fisik

Para ilmuwan telah menemukan bahwa teknik mindfulness dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dalam beberapa cara.

Dengan mempraktikkan mindfulness, Anda akan terbantu untuk menghilangkan stres, mengobati penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit kronis, meningkatkan kualitas tidur, dan meringankan kesulitan gastrointestinal.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Dalam beberapa tahun terakhir, para psikoterapis menjadikan mindfulness sebagai elemen penting dalam pengobatan sejumlah masalah seperti depresi, penyalahgunaan zat, gangguan makan, konflik dengan pasangan, gangguan kecemasan, serta gangguan obsesif-kompulsif.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Kanker Prostat

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut latihan mindfulness sederhana yang bisa Anda tiru menurut Mayo Clinic:

1. Perhatian

Terkadang, sulit untuk memerhatikan hal-hal secara detail di dunia yang sibuk ini. Oleh sebab itu, cobalah untuk meluangkan waktu dan merasakan lingkungan di sekitar Anda dengan menggunakan semua indra seperti sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, dan rasa.

Misalnya, ketika Anda sedang makan makanan favorit Anda, cobalah untuk mencium aromanya, merasakan cita rasanya, dan benar-benar menikmatinya.

2. Nikmati momen saat ini

Berusahalah untuk secara sengaja memberikan perhatian yang terbuka, menerima, dan merespons dengan cerdas apapun yang sedang Anda lakukan. Temukanlah kegembiraan dalam kesenangan yang sederhana.

3. Terimalah diri Anda sendiri

Perlakukanlah diri Anda layaknya Anda memperlakukan teman baik. Kendati sulit di awal, pastikan Anda konsisten untuk belajar dan mempraktikkannya.

4. Fokus pada pernapasan Anda

Ketika Anda memiliki pikiran negatif, duduklah dan tarik napas dalam-dalam kemudian tutup mata Anda. Pastikan Anda fokus pada napas yang masuk dan keluar dari tubuh Anda. Duduk dan bernapas dalam akan sangat membantu Anda meskipun hanya dilakukan selama satu menit.

Baca Juga: Ini Dia Gejala Kurang Darah yang Perlu Anda Ketahui

Selain latihan sederhana di atas, Anda juga dapat mencoba latihan mindfulness yang lebih terstruktur sebagai berikut:

1. Body scan meditation

Berbaringlah telentang dengan kaki terentang, lengan di samping tubuh, dan telapak tangan menghadap ke atas. Fokuskan perhatian Anda dengan perlahan dan sengaja pada setiap bagian tubuh Anda secara berurutan mulai dari ujung kaki hingga kepala atau sebaliknya. Waspadai setiap sensasi, emosi, atau pikiran yang berkaitan dengan setiap bagian tubuh Anda.

2. Sitting meditation

Sesuai namanya, latihan ini mengarahkan Anda untuk duduk nyaman dengan punggung yang lurus, kaki rata di lantai, dan tangan berada di pangkuan. Lalu, bernapaslah melalui hidung serta fokus pada napas Anda yang bergerak masuk dan keluar dari tubuh Anda. Jika ada sensasi fisik atau pikiran yang mengganggu meditasi Anda, catatlah gangguan tersebut kemudian kembalikan fokus ke napas Anda.

3. Walking meditation

Temukan tempat yang tenang sepanjang 10-20 kaki dan mulailah berjalan perlahan. Fokuslah pada pengalaman berjalan serta sadari sensasi berdiri dan gerakan halus yang menjaga keseimbangan Anda. Saat Anda mencapai ujung jalan, berbaliklah dan kembali berjalan dengan mempertahankan kesadaran akan sensasi yang ada.

Moms, latihan mindulness yang sederhana dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Untuk latihan mindfulness yang lebih terstruktur, pastikan Anda menyisihkan waktu dan menyiapkan tempat yang tenang tanpa gangguan atau interupsi serta mempraktikkannya pada pagi hari sebelum memulai rutinitas harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News