Bugar

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan yang Mengandung Vitamin K

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan yang Mengandung Vitamin K

MOMSMONEY.ID - Cukup mudah menemukan makanan di sekitar kita yang mengandung vitamin K. Vitamin K adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dibutuhkan tubuh karena berperan penting untuk mencegah pendarahan ketika mengalami luka. 

Vitamin K merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis dan penyakit jantung, serta menimbulkan sejumlah kondisi seperti mudah memar dan luka sulit sembuh. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin K agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

Dikutip dari Healthline, rata-rata perempuan dewasa membutuhkan 90 mikrogram (mcg) vitamin K per hari, sementara laki-laki dewasa membutuhkan 120 mcg.

Sayuran berdaun hijau mengandung jumlah vitamin K tertinggi. Di samping sayur, ada banyak sumber lainnya di sekitar dan tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkannya. Berikut ini lima makanan di sekitar yang mengandung vitamin K, dilansir dari Healthline.

1. Bayam

Makanana Sehat bayam

Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin Secara Umum untuk Kesehatan Tubuh

2. Alpukat

Avocado

Alpukat sangat bergizi dan mengandung beragam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Dalam 100 gram alpukat terdapat vitamin K2 6% dari nilai harian. Meskipun mengandung 9 gram karbohidrat, 7 di antaranya adalah serat, jadi hanya ada dua karbohidrat "bersih", sehingga menjadikannya makanan nabati rendah karbohidrat yang ramah.

3. Brokoli

Broccoli

Ada banyak jenis makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar brokoli. Selain dapat menambah selera makan, brokoli juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C dan K1.

Brokoli juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna tetapi memberikan jumlah serat yang layak, yang meningkatkan kesehatan usus dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat

4. Kiwi

Kiwi

Kiwi adalah buah kecil yang mengandung banyak rasa dan banyak manfaat kesehatan. Kiwi juga penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium.

Kiwi jmemiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil kiwi dapat dimakan, begitu pula dengan kulit cokelatnya, meskipun banyak yang lebih suka mengupas kiwi sebelum memakannya.

5. Kale 

Makanan Sehat Kale

Kale adalah raja vitamin K. Sayuran ini dikenal sebagai salah satu makanan super. Kale kaya akan kalsium, kalium, dan folat, di antara vitamin dan mineral lainnya. Kandungan vitamin ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Banyak antioksidan kuat ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan.

Nah, itu tadi beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin K. Konsumsi secara rutin setiap hari agar nutrisi Anda tercukupi.

Selanjutnya: 5 Manfaat Vitamin Secara Umum untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News