Bugar

Baik Dikonsumsi Saat Diet, Ini Sederet Manfaat Telur Rebus

Baik Dikonsumsi Saat Diet, Ini Sederet Manfaat Telur Rebus

MOMSMONEY.ID - Telur rebus adalah salah satu alternatif makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Makanan ini rendah kalori dan mengenyangkan, serta kaya akan nutrisi penting.

Manfaat telur rebus bagi kesehatan juga sangat banyak. Selain untuk membantu penurunan berat badan, berikut ini manfaat telur rebus lainnya untuk kesehatan yang dilansir dari Mayo Clinic:

Sumber protein

Telur rebus adalah makanan berprotein tinggi. Karena protein adalah bahan pembangun tubuh, ia memainkan peran penting dalam menjaga kekuatan dan perbaikan otot dan jaringan. 

Satu butir telur rebus mengandung sekitar 6,3 gram protein. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial, yang membantu pertumbuhan otot, pemulihan, dan pemeliharaan. 

Baca Juga: Lakukan Dengan Rutin, Ini 5 Cara Menjaga Organ Pernapasan

Menurunkan berat badan 

Metode diet dengan mengonsumsi telur rebus disebut ampuh untuk menurunkan berat badan, sebab diet telur merupakan jenis diet yang rendah kalori.

Meski rendah kalori, tapi cara diet yang satu ini tetap tinggi protein. Mengonsumsi telur rebus saat diet bisa menurunkan berat badan tanpa mengganggu asupan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan otot.

Sumber kolesterol baik

Sebutir telur mengandung 212 miligram kolesterol. Namun, kolesterol makanan tidak sama dengan kolesterol darah yang lebih tinggi.

High-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik pun bisa meningkat setelah makan telur rebus.  

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Teh Melati untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Menjaga massa otot

Seperti diketahui, asupan protein sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga dan membangun massa otot.

Dengan kata lain, menjalani pola diet tinggi protein bisa membantu menjaga kesehatan otot secara keseluruhan.

Sebab, sebanyak 90% kandungan protein yang ada dalam makanan akan diserap tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak.

Sebelum proses penyerapan terjadi, protein akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil berupa asam amino melalui proses pencernaan.

Kenyang lebih lama

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebut bahwa diet tinggi proteinbisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Dengan demikian, pola makan dan porsi makan bisa ditekan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Orang yang menjalani diet telur dianjurkan untuk menghindari kebiasaan makan selain makan wajib tiga kali dalam satu hari.

Itulah beberapa manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh. Meski kaya akan nutrisi, pastikan untuk makan variasi makanan sehat lainnya juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News