Santai

Bahaya Mengonsumsi Bawang Bagi Kucing

Sumber: Catster
Kamis, 22 Juli 2021 | 17:15 WIB
Bahaya Mengonsumsi Bawang Bagi Kucing

MOMSMONEY.ID - Jika Anda berpikir bahwa kucing dapat memakan segalanya, seperti daging dan sayuran, itu adalah hal yang keliru. Meski beberapa makanan dapat dimakan kucing, Anda tetap tidak boleh sembarangan memberi makanan karena ada hal-hal yang berbahaya bagi kucing.

Makanan yang berbahaya bagi kucing salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih merupakan bagian dari keluarga allium, bersama dengan bawang, daun bawang, bawang merah, dan bawang bombai.

Baca Juga: Ini Tujuan Sebenarnya Kucing Memakan Rumput-Rumputan

Dilansir dari catster.com, bawang bisa sangat beracun bagi kucing, bahkan dalam dosis sesedikit satu siung kecil pun bisa sangat fatal. Bawang mengandung sulfoksida dan disulfida. Zat ini dapat membuat sel darah merah kucing pecah sehingga menyebabkan anemia hemolitik. Jenis anemia ini dapat membuat kucing lelah, mempengaruhi kinerja fisik, dan mental kucing.

Dalam kasus terparah, keracunan bawang putih pada kucing dapat menyebabkan kerusakan organ, kegagalan organ, atau kematian. Sementara kasus ringan, dapat menyebabkan gastroenteritis (sakit perut, muntah, dan diare).

Jika sebagai pemilik Anda berasumsi hanya sekadar memberikan bumbu pada pakan kucing agar lebih enak, secara teratur hal ini akan merugikan kesehatan kucing seiring waktu. Kucing tidak membutuhkan bumbu pada makanannya, tetapi Anda bisa memberikan jus ikan tuna sedikit di makanan biasanya untuk menambah aroma.

Baca Juga: Mengetahui Kondisi Kesehatan Kucing dan Anjing dari Fesesnya

Anda mungkin pernah mendengar bahwa bawang putih dapat mencegah kutu pada kucing, tetapi risiko yang didapat akan tetap sama bahayanya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kutu selain menggunakan bawang.

Lalu, bagaimana jika kucing tanpa sengaja memakan bawang putih?

Umumnya, gejala keracunan bawang putih akan muncul dalan waktu dua hingga empat hari. Tanda-tanda yang muncul antara lain air liur berlebih, mual, iritasi mulut, muntah, diare, lesu, gangguan pernapasan, kelemahan, dan gusi pucat. Nafsu makannya mungkin juga akan terganggu. Jika tanda-tanda ini parah, sebaiknya Anda harus segera mengunjungi dokter hewan.

Namun, Anda tetap bisa mencegah kemungkinan kucing memakan bawang putih dengan menjaga penyimpanan bawang di tempat yang tak mungkin terjamah oleh kucing. Sebaiknya, Anda jangan sembarangan memberikan makanan lauk manusia kepada kucing, apalagi jika makanan itu mengandung bawang putih yang banyak. 

Selanjutnya: Bisakah Kucing Makan Brokoli?

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru
momsmoney.id