HOME, Keluarga

Bahaya Memberi Makan Tulang Ikan pada Kucing

Bahaya Memberi Makan Tulang Ikan pada Kucing

MOMSMONEY.ID - Kucing liar biasanya akan mencari makanan dengan mengais sampah bila mereka tidak berhasil mendapatkan hewan buruan. Sisa makanan terkadang berupa tulang-tulangan, termasuk tulang ikan. Karena kebiasaan ini, orang banyak beranggapan kucing menyukainya.

Padahal, tidak seperti itu kenyataannya. Mereka hanya memakan apa yang sekiranya bisa mereka makan sebagai hewan karnivora. Kucing rumahan tentu tak bisa disamakan dengan kucing yang terbiasa hidup liar. Jadi, jangan sampai Anda lantas memberikan kucing Anda makanan tulang ikan. Memakan tulang ikan bisa sama berbahayanya seperti kucing menelan racun.

Baca Juga: Tips Merawat Hewan Peliharaan yang Sudah Tua

Dilansir dari Cattime.com, masalah utamanya adalah kucing bisa tersedak tulang saat memakannya dan terutama pada kucing peliharaan yang mungkin sudah terbiasa dengan makanan basah. Masalah ini juga bukan disebabkan oleh tulang sudah dimasak atau masih mentah, karena keduanya sama-sama berisiko membuat kucing tersedak.

Ikan yang dimasak akan membuat tulang lebih lunak memang benar. Namun, ada hal-hal lain yang perlu tetap dipertimbangkan ketika hendak memberikan ikan utuh dengan tulang kepada kucing. Pertama, tulang yang telah lunak dapat pecah karena gigitan kucing, tetapi Anda tak pernah tahu apakah kucing dapat menelannya dengan baik atau tidak. Kedua, pecahan yang tertelan mungkin aman di tenggorokannya, tetapi itu bisa melukai sistem pencernaannya yang rentan.

Pemilihan jenis dan ukuran ikan juga penting. Sebab, ada beberapa jenis ikan memiliki tulang keras dan tulang lunak. Ikan berukuran kecil adalah pilihan yang aman. Ikan yang telah dimasak, baik direbus atau dikukus presto, membuat Anda lebih mudah memisahkan tulang yang keras dengan yang lebih lembut.

Ada baiknya jika ikan presto diberikan setelah Anda mencacahnya dalam ukuran-ukuran kecil supaya kucing lebih mudah melahapnya. Namun, Anda perlu tetap mengawasinya untuk kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Apalagi jika kucing belum terbiasa memakan ikan utuh sebelumnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kucing Peliharaan di Rumah Tak Nafsu Makan

Cara Mengatasinya

Kucing yang tersedak, biasanya akan berusaha memuntahkannya kembali daripada menelannya. Proses ini bisa jadi menyakitkan untuk kucing.

Cara mengambil penghalang di tenggorokan kucing dapat dilakukan dengan langkah pertama membuat kucing berbaring menghadap Anda, kemudian buka rahangnya hati-hati. Lihat di dalam tenggorokannya apakah Anda dapat melihat tulang atau tidak. Jika ini cukup mudah diambil, Anda dapat mengambilnya dengan bantuan pinset. Lakukan dengan hati-hati. Jika Anda berhasil, tetap pantau kucing Anda dan bawa ke rumah sakit hewan setelahnya.

Namun, bila Anda belum pernah melakukannya dan ragu, hal yang perlu Anda lakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan atau menghubunginya. Mintalah instruksi dokter untuk mengatasi tersedak tulang. 

Selanjutnya: Mengenal 6 Jenis Ras Kucing Peliharaan dan Harganya di Pasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News