HOME, Keluarga

Bagus untuk Rambut dan Kulit, Inilah 4 Manfaat Green Tea Oil

Bagus untuk Rambut dan Kulit, Inilah 4 Manfaat Green Tea Oil

MOMSMONEY.ID - Green tea atau teh hijau merupakan salah satu minuman favorit yang telah terkenal di berbagai penjuru dunia terutama di kawasan Asia seperti India, China, dan Jepang. Bukan tanpa alasan, tingginya popularitas green tea berasal dari kandungan manfaatnya yang baik untuk kesehatan seperti mengatur suhu tubuh dan kadar gula serta memfasilitasi pencernaan yang lebih baik.

Selain dalam bentuk minuman, manfaat green tea juga dapat diperoleh dalam bentuk essential oil atau minyak esensial yang dibuat melalui proses distilasi uap.

Lalu, apa sajakah manfaat green tea oil? Melansir BioFinest, inilah 4 manfaat green tea oil untuk kesehatan rambut dan kecantikan kulit.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Suasana Hati Anak

1. Mencegah rambut rontok

Green tea oil memiliki kemampuan untuk membantu memblokir DHT (Dihidrotestosteron) yang merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut parah pemicu kebotakan. Selain itu, green tea oil juga mengandung antioksidan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang memfasilitasi pertumbuhan rambut.

Berkat vitamin B atau panthenol yang terkandung di dalamnya, green tea oil mampu membantu mengatasi rambut bercabang, melembutkan rambut, dan memperkuat akar rambut.

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan green tea oil secara langsung ke kulit kepala akan menciptakan pemanjangan yang signifikan dari folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

2. Melawan tanda-tanda penuaan

Green tea oil dapat membantu memperbaiki kondisi kulit secara drastis dan membuatnya lebih sehat sekaligus kencang. Mengandung senyawa anti-aging dan antioksidan, green tea oil juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan. Plus, green tea oil mampu mencegah pembentukan zat berbahaya pada kulit yang berpotensi mempercepat proses penuaan.

Oleskan beberapa tetes green tea oil pada malam hari sebelum tidur guna mencegah pembentukan kerutan pada wajah. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan green tea oil dengan carrier oil seperti coconut oil, rosehip oil, jojoba oil, atau sunflower oil. Mengutip Wikipedia, carrier oil atau minyak bawaan adalah minyak dasar untuk mengencerkan essential oil sebelum dioleskan ke kulit.

3. Mengurangi peradangan

Sifat anti-inflamasi yang ada pada green tea oil bermanfaat untuk membantu menyembuhkan noda sekaligus mencegah peradangan serta kemerahan. Ajaibnya, green tea oil juga bisa meningkatkan elastisitas kulit Anda lho Moms.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada tahun 2013 menemukan bahwa senyawa EGCG dalam green tea oil telah secara signifikan membantu mengurangi sebum dan peradangan. Nah, dikarenakan sebum dan peradangan berkaitan erat dengan jerawat, maka penggunaan green tea oil pun akan secara otomatis mengurangi jerawat.

4. Mengatasi lingkaran hitam pada area mata

Zat alami dan antioksidan yang terkandung di dalam green tea oil diklaim mampu membantu mengobati mata yang bengkak serta lingkaran hitam akibat kurang tidur. Green tea oil akan mengurangi pembengkakan dengan cara mencegah peradangan pembuluh darah pada kulit di sekitar mata.

Setelah dicampur dengan carrier oil, pijat bagian bawah mata Anda dengan green tea oil secara lembut untuk mengatasi garis-garis halus dan lingkaran hitam pada mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News