CLOSE [X]
ads

Bagus untuk Perkembangan, Ini 6 Manfaat Kegiatan Mewarnai bagi Anak-Anak

Reporter: Ana Risma
Selasa, 24 Mei 2022 | 23:55 WIB
Bagus untuk Perkembangan, Ini 6 Manfaat Kegiatan Mewarnai bagi Anak-Anak

ILUSTRASI. Anak mewarnai


MOMSMONEY.ID - Di era yang semakin canggih ini, banyak anak-anak yang lebih memilih untuk bermain gadget daripada mewarnai. Padahal, kegiatan mewarnai sangat bagus untuk perkembangan mereka dibandingkan gadget yang bisa menyebabkan kecanduan, menumbuhkan perilaku anti-sosial, serta mengganggu kesehatan mata.

Meski terbilang sederhana, faktanya kegiatan mewarnai dapat membantu anak untuk berkembang secara kognitif, psikologis, maupun kreatif. Dengan membiarkan anak tenggelam dalam dunia mewarnai sejak dini, itu akan mengarahkan mereka ke kehidupan yang lebih sehat serta bahagia di masa remaja dan dewasa.

Patut Anda catat, inilah 6 manfaat kegiatan mewarnai bagi anak-anak sebagaimana dilansir dari Color Psychology.

Baca Juga: Sandiaga Harap Kawasan Wisata Monas Dibuka 2 Minggu Lagi

1. Meningkatkan keterampilan motorik anak

Kegiatan mewarnai dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik pada anak-anak yang masih kecil. Tindakan, gerakan, dan genggaman yang tepat dalam proses mewarnai bermanfaat untuk membantu perkembangan otot-otot jari, tangan, dan pergelangan tangan anak.

Pada gilirannya, kegiatan mewarnai dapat membantu anak-anak untuk menulis lebih terampil serta memanipulasi benda-benda kecil. Apabila keterampilan ini terus dikembangkan, bukan tidak mungkin jika anak akan menjadi juru ketik yang andal dan lebih mahir dalam olahraga maupun kegiatan lainnya.

2. Merangsang kreativitas

Entah rapi atau tidak, kegiatan mewarnai tetap dapat menumbuhkan semangat kreatif dan apresiasi anak terhadap perbedaan visual.

Kegiatan mewarnai bisa memicu imajinasi dan menginspirasi anak-anak untuk bertukar pikiran serta belajar memikirkan ide-ide baru secara alami.

3. Meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata

Membiasakan anak untuk terlibat dalam kegiatan mewarnai bermanfaat untuk membantu perkembangan yang efisien dan sehat pada diri mereka.

Saat anak memegang krayon, memilih warna, menerapkan warna di tempat yang ideal, serta menyerut pensil warna, itu akan membantu mereka mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata yang kuat.

4. Meningkatkan kepercayaan diri anak

Kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan sukses bisa membangun self-esteem dan kepercayaan diri pada anak-anak yang masih kecil.

Dengan mewarnai secara teratur dan menyelesaikan proyek, rasa pencapaian dan kebanggaan anak terhadap dirinya sendiri pun akan meningkat.

5. Membantu anak mengekspresikan diri

Setiap manusia memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengekspresikan dirinya. Pada anak-anak, bentuk ekspresi diri mereka cenderung bersifat visual. Dan, mewarnai bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri.

Dalam proses mewarnai, ekspresi diri anak akan tersalurkan tatkala mereka membuat keputusan tentang warna apa yang akan digunakan serta menyempurnakan hasil mewarnai.

6. Menghilangkan stres

Siapa sangka bahwa kegiatan mewarnai memiliki kemampuan menenangkan dan terapeutik bagi anak-anak terutama jika mereka tidak memiliki jalan keluar lain untuk mengekspresikan emosi yang tidak menyenangkan atau membingungkan.

Bahkan, anak-anak dengan kesehatan emosional yang normal tetap dapat memperoleh manfaat dari memproses perasaan, frustasi, dan emosi yang dihasilkan dari tindakan pewarnaan sederhana namun mendalam.

Moms, itulah 6 manfaat kegiatan mewarnai bagi anak-anak. Mengingat manfaatnya yang luar biasa, yuk ajak anak-anak Anda untuk mulai mewarnai sedini mungkin!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER