HOME, Keluarga

Bagus untuk Kulit, Nikmati Minuman Ini pada Pagi Hari Secara Rutin

Bagus untuk Kulit, Nikmati Minuman Ini pada Pagi Hari Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Setiap orang tentu mendambakan kulit yang sehat dan cantik. Untuk mendapatkannya, produk skincare memang bisa membantu. Namun, Anda juga perlu menutrisi kulit dari dalam dengan rajin mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Saat ini, ada berbagai minuman sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Di antara banyaknya minuman yang ada, beberapa di antaranya sangat baik untuk Anda konsumsi pada pagi hari. Ketika Anda rajin minum minuman pagi yang kaya protein, vitamin, dan zat gizi mikro lainnya, itu akan meningkatkan kesehatan kulit sekaligus mendorong pertumbuhan rambut.

Kira-kira, apa sajakah minuman yang bagus untuk kulit dan baik untuk dikonsumsi pada pagi hari? Ini dia daftarnya yang dilansir dari Skinkraft Laboratories.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Oatmeal untuk Perawatan Kulit Wajah, Cobain Yuk!

1. Air lemon dan madu

Air lemon

Sebuah studi menunjukkan bahwa jus lemon sangat efektif untuk melawan pertumbuhan jamur penyebab penyakit kulit. Selain itu, vitamin C yang ada pada lemon juga mampu membantu meremajakan kulit dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Di sisi lain, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang tidak hanya bisa menghilangkan minyak berlebih tetapi juga membuka pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Saat digabungkan menjadi satu dalam segelas air hangat, lemon dan madu akan melancarkan pencernaan Anda sekaligus membuat kulit bersih dan bebas dari jerawat. Peras 1 buah lemon utuh berukuran kecil ke dalam 1 gelas air hangat lalu tambahkan 2-3 sendok makan madu murni. Minumlah air lemon dan madu ini pada pagi hari saat perut masih kosong.

2. Jus buah

Jus buah

Jus buah segar mengandung banyak vitamin dan mikronutrien yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Salah satu buah yang bisa Anda olah menjadi jus adalah apel. Apel mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Anda juga bisa memakai buah delima karena buah ini memiliki sifat anti-aging yang berguna untuk membantu proses pembaruan sel kulit dan buah jeruk yang kaya akan vitamin C untuk membantu kulit melawan radikal bebas.

3. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau terkenal dengan kemampuannya dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, teh hijau sangat cocok untuk Anda konsumsi di pagi hari mengingat pada waktu pagi metabolisme cenderung rendah dan teh hijau akan membantu meningkatkannya.

Tak sampai di situ, teh hijau juga mengandung flavonoid yang disebut katekin. Ini merupakan antioksidan yang bagus untuk menunda penuaan kulit.

Rebus air dalam panci kemudian tambahkan satu sendok makan teh hijau ke dalamnya. Biarkan selama 2-3 menit lalu saring air teh tersebut ke dalam gelas atau cangkir favorit Anda. Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam teh dan nikmati selagi hangat.

4. Susu kunyit

Susu kunyit

Siapa sangka bahwa susu kunyit menyimpan manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Telah digunakan sebagai obat tradisional dan ayurveda, susu kunyit dapat bertindak sebagai agen antibiotik dan antivirus.

Sifat antibakteri dalam kunyit bermanfaat untuk membantu menjaga kulit terbebas dari jerawat. Sementara itu, susu berguna untuk menghidrasi kulit sehingga kulit akan tercegah dari kekeringan. Yang tidak kalah penting, segelas susu kunyit juga mengandung antioksidan untuk memperlambat proses penuaan.

Rebus susu murni dan biarkan agak dingin. Setelah itu, masukkan kunyit segar yang sudah dihaluskan atau kunyit bubuk secukupnya ke dalam susu. Supaya lebih hangat, Anda juga bisa menambahkan potongan jahe atau jahe geprek ke dalam susu kunyit.

Apabila Anda ingin susu kunyit yang clean, jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu atau 1 sendok teh merica bubuk. Selain menambah rasa, merica bubuk juga bisa membantu menyerap kurkumin dari bubuk kunyit.

5. Air kelapa

Air kelapa

Segelas penuh air kelapa di pagi hari dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah Anda lho, Moms. Air kelapa juga bisa membantu produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, serta menghidrasi kulit secara alami.

Kaya akan vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C, minum air kelapa secara teratur dapat mencegah kekeringan kulit sekaligus membuat kulit tampak bercahaya.

Air kelapa dapat Anda minum secara langsung. Dikarenakan sudah memiliki rasa manis yang alami, air kelapa bisa Anda minum dalam kondisi segar tanpa perlu menambahkan pemanis lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News