HOME, Keluarga

Bagus untuk Kulit dan Rambut, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hibiscus atau Kembang Sepatu

Bagus untuk Kulit dan Rambut, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hibiscus atau Kembang Sepatu

MOMSMONEY.ID - Hibiscus atau kembang sepatu merupakan tanaman asli India dan Malaysia dengan kelopak bunga yang semarak dan eksotis menyerupai terompet. Mekar di pagi hari dan akan layu pada sore hari, bunga hibiscus dapat tumbuh dengan lebar 4-18 cm.

Selain indah untuk dipandang, bunga hibiscus juga biasa diolah menjadi teh bercita rasa manis dan asam yang bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin.

Kaya akan vitamin, mineral, flavonoid, asam fenolik, dan senyawa bioaktif lainnya, berikut 5 manfaat teh hibiscus untuk kecantikan kulit dan rambut sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Kekhawatiran tentang Masa Depan, Ini Manfaat Meditasi Mindfulness

1. Mendukung produksi kolagen alami

Hibiscus adalah sumber vitamin C yang penting untuk memproduksi kolagen dalam tubuh Anda. Dapat menjaga kulit tetap sehat, awet muda, dan bercahaya, minum teh hibiscus secara teratur akan membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak molekul kolagen.

Pada gilirannya, kulit Anda pun akan terlihat muda dan bersinar untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Membantu meredakan inflamasi

Selain kaya akan vitamin C, teh hibiscus juga tinggi antioksidan dan beta-karoten. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit yang meradang dan gatal-gatal. Tak sampai di situ, teh hibiscus juga mampu membantu mengurangi kerusakan kulit oksidatif penyebab tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis-garis halus, bintik hitam, dan kulit kendur.

Dengan rutin minum teh hibiscus, itu akan membantu menghilangkan efek polutan yang ada di lingkungan Anda sekaligus melindungi sel dan jaringan tubuh.

3. Membantu menghidrasi kulit

Minum teh hibiscus bukan hanya bagus untuk mendetoksifikasi tubuh, tetapi juga merupakan cara yang nikmat untuk meningkatkan konsumsi air Anda. Jika kulit Anda benar-benar kering, gatal, dan bersisik, maka Anda akan sangat diuntungkan dengan sifat menghidrasi yang terkandung di dalam teh hibiscus. Pasalnya, teh hibiscus dapat meningkatkan aliran darah dan transfer nutrisi yang lebih baik ke kulit Anda sehingga kulit pun akan terlihat lebih lembut.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk memenuhi dosis asupan air harian Anda, maka Anda layak memasukkan teh hibiscus ke dalam rutinitas Anda guna membantu memenuhinya.

4. Mendukung pertumbuhan rambut yang lebih baik

Seperti yang sudah dibahas di atas, teh hibiscus merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Nah, dikarenakan kolagen termasuk komponen yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, maka meminum teh hibiscus secara teratur akan memberikan hasil yang positif untuk membuat rambut Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

5. Menguatkan akar rambut

Manfaat luar biasa lainnya dari teh hibiscus adalah mendorong pertumbuhan rambut dengan lebih baik berkat kandungan asam aminonya yang tinggi.

Asam amino akan membantu menghasilkan lebih banyak sel darah merah di tubuh Anda, membantu pengiriman oksigen dan nutrisi ke akar rambut, serta menjaga rambut tetap tebal, sehat, dan berkilau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News