Keluarga

Bagus buat Kulit Berminyak, Ketahui 6 Manfaat Zinc untuk Kulit

Bagus buat Kulit Berminyak, Ketahui 6 Manfaat Zinc untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 manfaat zinc untuk kulit yang patut Anda catat.

Zinc atau seng merupakan mineral esensial yang dibutuhkan dalam sejumlah proses seluler yang terjadi dalam tubuh manusia.

Kendati termasuk esensial, namun zinc tidaklah diproduksi oleh tubuh kita. Oleh sebab itu, asupan zinc perlu dilengkapi baik melalui makanan atau pun suplemen kaya zinc. Adapun beberapa makanan kaya zinc meliputi tiram, salmon, daging sapi, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, yogurt, jamur, dan telur.

Menyimpan beragam manfaat kesehatan, zinc memiliki peran penting dalam pertumbuhan sel, pembelahan, kekebalan, produksi hormon, penyembuhan luka, fungsi tiroid, pembekuan darah, dan kesehatan mata.

Nah, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, zinc juga memiliki beragam manfaat yang spesifik untuk kesehatan kulit lho Moms. Melansir Derma Essentia, inilah 6 manfaat zinc untuk kulit Anda.

Baca Juga: Sering Disajikan Saat Imlek, Simak 5 Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan

1. Melindungi kulit

Manfaat zinc untuk kulit yang pertama yaitu melindungi kulit.

Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, photoaging, hiperpigmentasi, serta bintik hitam. Dan, zinc oxide (ZnO) mampu memantulkan sinar matahari dan bertindak sebagai perisai untuk melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya.

Zinc oxide sendiri sering ditemukan dalam mineral sunscreen dan sunblock untuk memberikan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB.

2. Mengurangi sebum berlebih dan jerawat

Manfaat zinc untuk kulit yang kedua yaitu mengurangi sebum berlebih dan jerawat.

Jerawat akan berkembang ketika minyak, kotoran, serta bakteri menumpuk di pori-pori kulit dan menyebabkan kulit di sekitar pori-pori menjadi merah dan bengkak. Jika dibiarkan, itu bisa menyebabkan jerawat komedonal.

Untuk membantu mengurangi jerawat, zinc akan bertindak sebagai anti-inflamasi dan antibakteri. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa zinc memiliki hasil yang menjanjikan dalam menghambat pertumbuhan bakteri jerawat yakni Propionibacterium acnes. Selain itu, zinc juga akan mengatur produksi minyak dan sebum berlebih serta hormon yang terlibat dalam perkembangan jerawat.

3. Mencegah penyumbatan pori-pori

Manfaat zinc untuk kulit yang ketiga yaitu mencegah penyumbatan pori-pori.

Sel-sel kulit yang disebut keratinosit akan menghasilkan keratin dan membentuk penghalang antara kulit dan agresor lingkungan. Saat produksi keratinosit menjadi berlebihan, pori-pori tersumbat dan jerawat pun akan rentan menyerang.

Zinc telah terbukti mampu mengatur produksi keratinosit. Dengan bertindak sebagai zat ringan dan mengurangi kemungkinan penumpukan kotoran di pori-pori, zinc akan mencegah penyumbatan dan timbulnya jerawat di masa depan.

Baca Juga: Jadi Buah Khas Imlek, Ini Ragam Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

4. Melawan tanda-tanda penuaan

Manfaat zinc untuk kulit yang keempat yaitu melawan tanda-tanda penuaan.

Seiring bertambahnya usia, tingkat kolagen dan elastin akan berkurang. Akibatnya, kapasitas pembaruan kulit, elastisitas, dan kekencangan kulit pun akan ikut berkurang. Pada gilirannya, tanda-tanda penuaan seperti kulit kusam, perubahan warna, noda hitam, garis-garis halus, dan kerutan akan semakin jelas terlihat.

Zinc akan mendorong produksi kolagen dan elastin serta mendukung struktur kulit yang mendasarinya. Alhasil, tanda-tanda penuaan pada kulit akan berkurang.

5. Mendorong penyembuhan kulit

Manfaat zinc untuk kulit yang kelima yaitu mendorong penyembuhan kulit.

Zinc dikenal mampu mendukung penyembuhan luka pada kulit. Dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya, zinc akan meningkatkan fungsi perbaikan kulit dan mengurangi kemerahan serta peradangan.

Zinc juga dapat membantu meredakan eksim, jerawat rosacea, iritasi, dermatitis, gatal-gatal, dan kulit kering.

6. Menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi

Manfaat zinc untuk kulit yang keenam yaitu menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Semakin Anda menua, maka semakin berkurang pula kemampuan alami kulit Anda untuk mengatur kelembabannya. Dengan memanfaatkan zinc, itu dapat membantu mencegah dan mengurangi kehilangan air transepidermal dari kulit sekaligus meningkatkan fungsi skin barrier dan membantu menjaganya tetap terhidrasi dan lembab. Oleh sebab itu, zinc akan sangat berguna dan efektif untuk orang-orang yang memiliki kulit kering.

Sembari meningkatkan fungsi penghalang alami kulit dan menjaganya agar tetap lembab melalui zinc, pastikan Anda juga berfokus pada tips untuk menghindari kulit kering lainnya ya Moms.

Itulah 6 manfaat zinc untuk kulit yang harus Anda tahu. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Selanjutnya: OJK Memeriksa Isi Perjanjian Igrow dan Lender

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News