HOME, Keluarga

Bagian pada Daging Sapi yang Paling Enak Dikonsumsi

Bagian pada Daging Sapi yang Paling Enak Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Hari ini seluruh Umat Islam di seluruh dunia sedang merayakan Hari Raya Idul Adha. Tak lengkap rasanya jika kita tidak memasak olahan daging kurban.

Namun terkadang, daging yang diberikan tidak bisa kita pilih sendiri bagian-bagiannya. Panitia kurbanlah yang mengatur dan memberikan setiap bagian daging kurban. Jika sedang beruntung, kita bisa mendapat bagian yang enak dari daging sapi.

Untuk mengetahui bagian mana sajakah dari daging sapi yang kita dapatkan, ada baiknya Moms menanyakannya kepada panitia kurban. Hal ini dilakukan agar Moms tidak salah mengolahnya dan malah membuat daging tersebut alot.

Berikut MomsMoney berikan sedikit ilmu perdagingan khusus bagi Moms yang ingin mengetahui bagian dari daging sapi manakah yang paling enak dikonsumsi. Ini dia selengkapnya!

Ribeye steak

Ribeye steak merupakan bagian dari daging sapi yang diambil dari tulang rusuk. Dilansir dari Mashed, daging ribeye ini merupakan salah satu jenis daging yang paling berharga, enak, dan jika di restoran daging jenis ini harganya cukup mahal.

Baca Juga: 5 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki untuk Memotong Daging Kurban

Kualitas daging ribeye itu sendiri dapat dilihat dari banyaknya marbling atau guratan berwarna putih pada daging. Guratan putih tersebut merupakan jaringan lemak pada serabut otot. Guratan tersebut mirip dengan pola marmer.

Marbling sendiri membuat daging menjadi lembut dan enak disantap karena ia akan meleleh ketika dimasak. Itulah yang menyebabkan semakin banyak serat putih pada daging sapi, semakin enak pula daging tersebut ketika sudah dimasak. Begitu pula yang terjadi pada ribeye.

Pada ribeye itu sendiri, biasanya dipenuhi oleh marbling sehingga rasanya luar biasa enak.

Tenderloin

Daging sapi pada bagian ini adalah bagian daging paling empuk dan menjadi favorit di restoran-restoran steak.

Mengutip dari The Spruce Eats, pada bagian tenderloinlah biasanya para koki bisa mendapatkan ‘filet mignon’ dan ‘chateaubriand’.

Filet mignon itu sendiri merupakan potongan daging sapi yang paling mahal dan lembut. Filet mignon berada pada bagian paling ujung dari potongan lancip tenderloin yang menjorok ke bagian Short Loin pada tubuh sapi.

Sementara chateaubriand menurut Mimir Book, merupakan bagian daging pada tenderloin yang berbentuk tebal. Daging sapi chateaubriand itu sendiri mengacu pada “potongan steak besar dari bagian paling tebal pada tubuh sapi”.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Bumbu Kecap yang Lezat di Momen Idul Adha

T-Bone Steak

T-bone steak merupakan daging yang dipotong dari bagian depan short loin pada sapi jantan. Daging T-bone merupakan bagian daging yang rasanya enak dan tentunya memiliki tekstur yang baik.

Menurut Wikipedia, disebut dengan T-Bone karena bentuk tulangnya yang menyerupai huruf T. Pada bagian ini, daging yang paling besar diperoleh dari bagian has luar, sedangkan yang kecil dari has dalam.

Chuck

Chuck merupakan bagian pada daging sapi berupa pundak ke leher. Menurut taste of home, biasanya bagian ini merupakan bagian yang kaya akan rasa dan tentunya memiliki banyak daging.

Daging sapi pada bagian ini sedikit keras namun sangat beraroma.

Untuk dapat melunakkan daging bagian yang satu ini, anda bisa memasaknya dengan merebus atau memanggangnya menjadi sebuah masakan olahan. Kedua hal tersebut mampu secara efektif membuat daging chuck melunak.

Nah itu dia Moms bagian-bagian pada daging sapi yang paling enak dikonsumsi. Sekarang Moms tidak akan salah lagi jika ingin mengolah daging-daging tersebut menjadi masakan yang enak & empuk di lidah.

Selanjutnya: 5 Ide Mengolah Daging Kurban Menjadi Berbagai Masakan Lezat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News