HOME, InvesYuk

Bagi Trader, Simak Tips Memilih Saham untuk Margin Trading Berikut!

Bagi Trader, Simak Tips Memilih Saham untuk Margin Trading Berikut!

MOMSMONEY.ID -  Margin trading ini diberikan bagi nasabah sekuritas. Sehingga, mereka bisa membeli  saham beberapa kali lipat dari jumlah yang seharusnya didapat dengan dana yang ada. 

Singkatnya, Hans Kwee, Direktur Anugerah Mega Investama, menjelaskan, margin trading adalah transaksi dengan memakai dana pinjaman sebagian. Sebagai gambaran, seandainya punya uang Rp 100, lantas masuk ke dalam margin trading, Anda diperbolehkan beli saham dua kali lipatnya.

Dengan begitu, Anda bisa beli saham dengan modal Rp 200. "Tetapi pilihan sahamnya sudah ditentukan, mana saja yang masuk dalam transaksi margin tersebut," kata Hans.

Saham yang masuk dalam margin trading atau transaksi margin, memang hanya saham tertentu. Namun begitu, tidak berarti seluruh saham yang ditawarkan itu bisa menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Trader tetap harus memilah, saham mana yang sekiranya bisa naik dalam waktu dekat.

Baca Juga: Investor Pemula Hindari Trading Saham, Apalagi Sampai Berhutang

Hans Kwee, Direktur Anugerah Mega Investama menyarankan trader untuk  menganalisa dari daftar saham itu, mana yang likuiditasnya baik, sehingga ketika akan dijual, mereka tidak terkendala. 

Untuk mengamankan potensi penurunan harga, Hans Kwee bilang fundamentalnya juga harus baik. ”Apabila mengalami harganya turun,  relatif tertata, tidak terlalu merugikan si tradernya,” katanya. 

Faktor penting lainnya adalah memperhatikan volatilitas. Kalau terlalu kecil tidak menguntungkan, sementara kalau terlalu besar juga berisiko. Jadi harus  diperhatikan volatilasnya normal. 

Selanjutnya: Kurs Jual Beli Dolar AS di BCA, Selasa 12 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News