kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi Penderita GERD, Ini 8 Minuman yang Bisa Meredakan Gejala Asam Lambung Naik


Kamis, 06 April 2023 / 03:25 WIB
Bagi Penderita GERD, Ini 8 Minuman yang Bisa Meredakan Gejala Asam Lambung Naik
ILUSTRASI. Para penderita refluks asam lambung tidak bisa asal dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para penderita refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) tidak bisa asal dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. 

Anda harus memilah makanan dan minuman dengan tepat untuk mengendalikan penyakit yang diderita. Jangan sampai Anda salah pilih makanan dan minuman karena dapat menyebabkan asam lambung bocor kembali ke kerongkongan. 

Gejala GERD memang sangat dipengaruhi oleh apa yang Anda makan. Gejalanya bisa berupa batuk, mual, dan suara serak. Bersendawa, sakit tenggorokan, dan regurgitasi juga sering dikaitkan dengan GERD. 

Apa yang Anda putuskan untuk dimasukkan atau dihindari dalam diet Anda dapat membantu meringankan beberapa gejala Anda. Minuman seperti kopi, kola, dan jus asam sering kali berada di urutan teratas daftar "larangan". 

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Konsumsi Obat

Pasalnya, minuman ini dapat meningkatkan risiko gejala GERD. Sebagai gantinya, inilah beberapa minuman yang baik Anda konsumsi untuk dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik: 

1. Teh herbal 

Beberapa jenis teh herbal dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan banyak masalah perut, seperti gas lambung dan mual. Merangkum Health Line, untuk meredakan gejala GERD, Anda bisa mencoba teh herbal bebas kafein, seperti teh chamomile, licorice, elm, hingga marshmallow. 

Licorice dapat membantu meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus, yang membantu menenangkan efek asam lambung. Namun, tidak ada cukup bukti untuk memastikan keefektifan adas, akar marshmallow, atau teh pepaya. 

Baca Juga: Anda Patut Waspada, Hindari 7 Pantangan Asam Lambung Ini




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×