HOME, Keluarga

Bagaimana Caranya Memilih Tempat Tidur Anak yang Tepat? Ini Dia Tipsnya

Bagaimana Caranya Memilih Tempat Tidur Anak yang Tepat? Ini Dia Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Sebagai orang tua, tentu Anda menginginkan hal yang terbaik untuk anak, termasuk dalam urusan kamar tidurnya.

Karena merupakan furnitur yang paling penting di kamar, memilih tempat tidur yang tepat dan terbaik untuk anak hukumnya wajib. Sebab, tempat tidur yang tepat akan membuat anak aman dan nyaman saat tidur di atasnya.

Dalam memilih tempat tidur untuk anak, Anda tidak bisa begitu saja menunjuk dan membeli tempat tidur tertentu. Pasalnya, anak memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa, sehingga ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memilih tempat tidur untuk mereka.

Dilansir dari Room to Grow UK dan Residence Style, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih tempat tidur yang tepat untuk anak.

Baca Juga: Ide Tatanan Tempat Tidur Estetik, Nyaman dan Bikin Betah

Pastikan ukurannya sesuai

Pertama, Anda perlu memilih ukuran tempat tidur sesuai dengan luas kamar anak. Pastikan tempat tidur yang Anda pilih tidak terlalu besar, supaya anak Anda memiliki area yang cukup di dalam kamar untuk bergerak.

Pastikan catnya tidak mengandung bahan berbahaya

Tempat tidur anak biasanya memiliki warna-warna yang cerah. Namun, beberapa cat tertentu memiliki komponen kimia yang berbahaya jika tidak sengaja terkonsumsi oleh anak, baik sengaja maupun tidak disengaja. Jadi, pastikan tempat tidur anak Anda tidak dilapisi oleh zat yang berbahaya.

Pilih desain ranjang yang aman

Usia anak-anak merupakan usia yang aktif. Jadi, Anda perlu memilih desain tempat tidur yang aman untuk meminimalisir risiko cedera seperti terbentur, terluka, atau terjepit. Pilihlah tempat tidur dengan sudut-sudut yang membulat dan tanpa celah-celah tertentu.

Pilih ranjang yang rendah

Hampir sama seperti poin sebelumnya, Anda perlu memilih desain tempat tidur atau ranjang yang untuk meminimalisir cedera jika anak terjatuh. Ranjang yang rendah juga akan memudahkan anak naik-turun tempat tidur.

Baca Juga: 10 Alat Kebersihan Rumah Tangga Ini Wajib Punya, Apa Saja?

Cari ranjang berbahan kayu solid

Tempat tidur yang solid dan kokoh penting untuk menahan beban anak, apalagi jika anak Anda suka bermain dan melompat di atas tempat tidur. Tempat tidur kayu biasanya menjadi pilihan yang baik, tapi jika anak Anda memilih menggunakan tempat tidur besi, pilihlah model yang sambungannya kuat dan tidak mudah longgar.

Pilih kasur yang tepat

Tak hanya ranjang, kasur pun juga harus Anda pikirkan. Pilihlah kasur yang ukurannya pas dengan ranjang, lalu pastikan kasurnya cukup padat dan tidak terlalu empuk sehingga anak tidak mudah “tenggelam” saat tidur.

Pastikan model tempat tidur cocok dengan anak

Karena akan digunakan untuk anak, pastikan tempat tidur tersebut memiliki model yang sesuai dengan selera mereka. Selain itu, pastikan tempat tidurnya sesuai dengan gaya interior kamar tidur anak Anda.

Nah, itulah beberapa poin yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan memilih dan membeli tempat tidur untuk anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Selanjutnya: 4 Inspirasi Interior Rumah Warna Earth Tone, Natural dan Menenangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News