HOME, Bugar

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Membandel? Ikuti Tips Berikut

 Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Membandel? Ikuti Tips Berikut

MOMSMONEY.ID - Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa saja mengikuti sampai seseorang telah beranjak dewasa. 

Jerawat paling sering terjadi pada kulit yang memiliki kelenjar minyak paling banyak. Nah, beberapa bagian tubuh tersebut adalah wajah, dada, punggung atas, serta bahu.

Jerawat terbentuk akibat folikel rambut terisi dengan sel kulit mati, minyak, hingga bakteri. Hal ini menimbulkan pembengkakan, kemerahan, hingga peradangan.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Masalah Jerawat di Punggung Secara Alami

Akhirnya, pori-pori menjadi tersumbat dan menimbulkan bintik merah pada kulit. DIlansir dari Women Health, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat membandel, antara lain: 

1. Atur pola makan

Cara menghilangkan jerawat membandel yang pertama adalah menerapkan dan mengatur pola makan. Pastikan untuk menerapkan diet rendah gula dan hindari susu sapi serta protein whey.

Sebab, semua makanan tersebut dapat memperburuk jerawat. Setelah mengatur pola makan, cobalah juga untuk menurunkan stres dengan cara bermeditasi atau yoga.

2. Mengoleskan cuka apel 

Cara menghilangkan jerawat membandel yang kedua adalah cuka apel. Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

3. Rutin mencuci wajah

Cara menghilangkan jerawat membandel yang ketiga adalah rutin mencuci wajah. Salah satu cara menghilangkan jerawat yang membandel adalah rutin mencuci wajah.

Paling tidak lakukan rutinitas ini dua kali sehari. Masalah ini rentan terjadi pada wanita karena lupa atau bahkan malas menghapus riasan.

Agar memudahkan, cobalah untuk meletakkan tisu basah di dekat tempat tidur untuk membersihkan wajah jika tubuh benar-benar lelah.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

4. Alpukat 

Cara menghilangkan jerawat membandel yang keempat adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Caranya dengan menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Anda dapat mencampurnya dengan madu. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih setelahnya.

5. Pengelupasan kulit

Cara menghilangkan jerawat membandel yang kelima adalah pengelupasan kulit. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit juga langkah penting sebagai cara menghilangkan jerawat.

Cara ini sangat penting dilakukan oleh para remaja yang sering berurusan dengan pori-pori tersumbat akibat produksi minyak berlebih karena hormon.

Cobalah untuk menggunakan produk yang mengandung asam glikolat atau salisilat agar efektif. Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat membandel yang dapat dilakukan.

Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut agar jerawat atau bahkan breakout yang terjadi bisa diatasi segera.

Dengan begitu, wajah yang mulus dan bersih dari jerawat kembali didapatkan. Tingkat kepercayaan diri pun juga dapat kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News