Keluarga

Bagaimana Cara Membuat Kucing Lebih Gemuk? Simak Tipsnya, Yuk!

Bagaimana Cara Membuat Kucing Lebih Gemuk? Simak Tipsnya, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Semua pemilik kucing peliharaan pasti menginginkan kucingnya selalu sehat dan bahagia. Salah satu indikator kucing yang sehat adalah tubuhnya yang berisi dan gemuk, tapi tidak sampai kegemukan atau obesitas.

Jika Anda merasa si kucing terlalu kurus, tak ada salahnya mencoba menggemukkan mereka supaya terlihat lebih sehat. Namun, sama seperti manusia, menggemukkan tubuh tidak boleh dilakukan sembarangan.

Jadi, bagaimana cara yang baik untuk membuat kucing terlihat lebih gemuk dan sehat? Merangkum penjelasan dari Hill’s Pet, Hepper.com, dan Royal Canin, berikut tipsnya.

Baca Juga: Aktif dan Setia, Simak Fakta Seputar Kucing American Shorthair!

Beri makanan basah

Dibandingkan dengan makanan kering, kandungan gizi pada makanan kucing basah biasanya lebih tinggi protein sehingga cocok digunakan untuk menambah berat badan si kucing.

Selain itu, Anda bisa memilih makanan basah yang dikhususkan untuk anak kucing (kitten) karena memiliki kandungan protein dan lemak yang jauh lebih tinggi dibandingkan makanan basah untuk kucing dewasa.

Tambahkan porsi makannya pelan-pelan

Jika Anda ingin menggemukkan kucing peliharaan, jangan langsung menambahkan porsi makannya dalam sekali waktu. Pasalnya, mereka bisa “kaget” dan tidak menghabiskan makanannya sekali makan.

Sebaiknya, tambahkan porsi makannya perlahan-lahan supaya si kucing terbiasa. Atau, beri makan si kucing dalam jumlah yang sedikit, tapi sering. Jika mereka sudah terbiasa, tambahkan porsi makannya sambil mengurangi jumlah pemberian makanannya.

Tambahkan suplemen makanan

Tak hanya manusia, kucing juga bisa diberikan suplemen makanan untuk menambah berat badan mereka. Selain membuat gemuk, suplemen tertentu juga bisa menambah rasa makanan dan membuat bulunya tampak tebal dan sehat.

Salah satu suplemen yang umum diberikan pada kucing peliharaan adalah suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega yang sehat. Anda bisa mencampurkannya pada makanan si kucing sehingga mereka akan mengonsumsinya secara rutin.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak-Anak!

Variasikan jenis makanannya

Supaya si kucing tidak bosan makan, coba berikan variasi pada jenis makanan mereka. Misalnya, berikan makanan kering dan makanan basah secara bergantian, atau coba makanan kucing dengan rasa yang berbeda-beda.

Sebagai tambahan, cobalah untuk memberikan jenis makanan yang lain, misalnya telur rebus atau daging ayam yang dikukus tanpa bumbu. Jika si kucing menyukainya, Anda bisa memberikan makanan tersebut sebagai selingan (bukan makanan rutin).

Hangatkan makanannya

Supaya si kucing lebih bersemangat menghabiskan makanannya, Anda bisa mencoba menghangatkan makanan basah si kucing di dalam microwave selama beberapa detik. Menghangatkan makanan akan memperkuat aromanya, sehingga nafsu makan si kucing akan meningkat.

Saat menghangatkan makanannya, pastikan Anda menggunakan wadah yang aman untuk microwave dan memeriksa suhu makanan supaya tidak terlalu panas dan aman dimakan oleh kucing.

Itulah beberapa tips untuk membuat kucing peliharaan lebih gemuk dan sehat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News