HOME, Keluarga

Bagaimana Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning? Simak di Sini

Bagaimana Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning? Simak di Sini

MOMSMONEY.ID - Keramik kamar mandi yang kuning bukan hal yang asing lagi bagi para pemilik rumah. Walaupun umum terjadi, keberadaannya kadang mengganggu kenyamanan pemilik rumah karena memberikan kesan kotor dan jorok pada kamar mandi.

Wajar jika memberikan kesan kotor, karena warna kuning yang muncul di permukaan keramik kamar mandi terjadi karena sisa kotoran yang mengumpul di permukaan keramik, ditambah keadaan keramik kamar mandi yang hampir selalu basah.

Namun, warna kuning tersebut tidak permanen kok. Dengan sedikit usaha, warna kuning ini bisa dihilangkan. Dikutip dari homelization.com dan realhomes.com, berikut cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Menggunakan Disinfektan yang Aman Untuk Membersihkan Rumah

Sebelum membersihkan

Sebelum mulai membersihkan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan keramik kamar mandi.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk mempermudah proses pembersihan keramik sehingga hasil akhir yang didapatkan akan lebih bersih.

Berikut hal yang perlu dilakukan sebelum membersihkan keramik kamar mandi:

  • Gunakan alat perlindungan diri seperti sarung tangan dan masker jika Anda menggunakan produk pembersih dengan kandungan kimia yang kuat.
  • Siram keramik kamar mandi dengan air panas untuk membuka pori-pori keramik. Hal ini bisa membantu membersihkan keramik dengan lebih menyeluruh. Anda juga bisa menggunakan shower dengan pengaturan air panas.
  • Tutup pintu dan jendela setelah menyiram keramik dan tunggu beberapa menit.
  • Setelah beberapa menit, buka pintu dan jendela kamar mandi untuk melancarkan aliran udara yang keluar dan masuk selama proses pembersihan.

Baca Juga: Memilih Kursi Kerja yang Baik untuk WFH, Apa Saja Kriterianya?

Saat membersihkan

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, keramik kamar mandi sudah siap untuk dibersihkan.

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kuning:

  • Sikat bagian sambungan keramik terlebih dahulu untuk mengeluarkan kotoran yang terkumpul di situ.
  • Kemudian, gunakan cairan pembersih keramik dan aplikasikan ke seluruh permukaan keramik kamar mandi.
  • Jika Anda tidak memiliki cairan pembersih keramik, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Campurkan air dan cuka (atau air lemon) dengan perbandingan 1:1 dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke permukaan keramik dan biarkan beberapa saat.
  • Gosok permukaan keramik kamar mandi menggunakan sikat lantai atau kain yang dibasahi sedikit air. Gosok menggunakan gerakan memutar untuk hasil bersih yang maksimal, lalu bilas.
  • Jika masih ada noda atau bekas kotoran di permukaan keramik, buat campuran pasta dari cuka dan baking soda, kemudian aplikasikan di atas permukaan keramik. Biarkan beberapa saat, kemudian gosok dan lap dengan kain.
  • Bilas dengan air, kemudian biarkan kering dengan sendirinya. Anda juga bisa menggunakan lap untuk mempercepat proses pengeringan keramik.

Nah, itu tadi cara mudah untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kuning. Memang butuh sedikit usaha, tapi toh Anda akan mendapatkan keramik kamar mandi yang bersih seperti baru.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Coba Tabulampot, Solusi Bertanam di Lahan Sempit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News