Santai

Ayam Gepuk Pak Gembus Bocorkan Tips Besarkan Usaha Kala Ramadhan

Ayam Gepuk Pak Gembus Bocorkan Tips Besarkan Usaha Kala Ramadhan

MOMSMONEY.ID - Siapa tak kenal dengan kuliner Ayam Gepuk Pak Gembus. Rupanya dalam perkembangan bisnisnya, banyak hal dilakukan sang pemilik kedai makanan ayam goreng ini. Bermodalkan tabungan hasil gajinya selama menjadi karyawan dan keberaniannya untuk banting stir, Ridho Nurul Adityawan, mulai mendirikan usaha Ayam Gepuk Pak Gembus pada tahun 2013.

Berkat kegigihannya dalam menjaga kualitas rasa, bisnis yang sudah berjalan selama 9 tahun ini berhasil untuk terus eksis merajai pasar kuliner menu nasi ayam. Di tengah gempuran persaingan bisnis nasi ayam, Ayam Gepuk Pak Gembus bahkan juga sukses menjadi salah satu bisnis dengan angka penjualan tertinggi di ShopeeFood selama Ramadan 2022.

"Ramadan adalah salah satu momen penting yang harus dimanfaatkan para pelaku usaha kuliner untuk mendorong transaksi bisnis. Layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood juga turut berperan besar dalam membantu menyukseskan kampanye Ramadan Ayam Gepuk Pak Gembus tahun lalu, “ jelas Maria Barmono, Direktur Operasional Ayam Gepuk Pak Gembus.

Memasuki bulan Ramadan di masa pascapandemi, Ayam Gepuk Pak Gembus percaya bahwa tren bisnis kuliner di layanan pesan antar makanan akan masih sangat menjanjikan. Layanan pesan antar makanan online juga masih akan terus berkembang. Maria menambahkan bahwa,

Walaupun masyarakat sudah memasuki masa pascapandemi, nyatanya layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood masih tetap menjadi pilihan para pelanggan Ayam Gepuk Pak Gembus.

Baca Juga: Promo 3.3 McD 3-6 Maret 2023, Ada Diskon Rp 30.000 dan Gratis Nasi Uduk McD

"Meskipun penjualan offline (dine-in) mulai meningkat, performa penjualan online tetap tinggi karena pelanggan masih tetap mengutamakan kepraktisan dalam hal memesan makanan," ujar Maria lebih lanjut.

Berkaca pada kesuksesan kampanyenya saat Ramadan tahun lalu, Ayam Gepuk Pak Gembus  membeberkan beberapa strategi jitu untuk membantu pelaku usaha kuliner mempersiapkan bisnis mereka dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini:

1. Tangkap peluang bisnis dengan hadirkan menu spesial Ramadan

Bulan suci Ramadan umumnya identik dengan tradisi buka bersama dengan keluarga maupun kerabat terdekat. Tradisi Ramadan tersebut bisa menjadi peluang bisnis tersendiri bagi para pelaku usaha kuliner.

“Sambut bulan suci Ramadan dengan menghadirkan menu spesial Ramadan yang berisi paket makanan lengkap untuk dua orang atau lebih. Paket spesial Ramadan bisa menarik minat konsumen untuk melakukan lebih banyak transaksi. Pastikan juga untuk menggunakan foto menu produk yang menarik di aplikasi untuk mendorong minat konsumen melakukan pembelian,” ungkap Maria.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Maret 2023, Menu Pesta Pasta Aneka Rasa Hemat Mulai Rp 59.000

2. Hadirkan promo spesial dan manfaatkan media sosial

Maksimalkan strategi penjualan di bulan Ramadan dengan menghadirkan promo. Lalu, gunakan media sosial untuk menginformasikan seputar promo yang sedang berlangsung di restoran Anda. Promo juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun loyalitas konsumen.

Apabila konsumen merasa puas dengan produk Anda, tak menutup kemungkinan jika mereka melakukan pemesanan kembali meskipun sedang tidak ada promo.

“Untuk meningkatkan transaksi, Ayam Gepuk Pak Gembus selalu aktif mengikuti kampanye di ShopeeFood, seperti kampanye Tanggal Kembar, Pay Day, Menu Diskon, dan masih banyak lagi." kata Maria lagi.

Mengaktifkan promo di ShopeeFood juga sangat mudah, karena pelaku bisnis bisa segera mengatur ketentuan promonya langsung dari aplikasi Shopee Partner. Setelah mengaktifkan promo, Ayam Gepuk Pak Gembus biasanya akan menginformasikan promo-promo tersebut di media sosial untuk semakin menarik minat pelanggan.

Tak bisa dipungkiri bahwa bulan suci Ramadan turut mengubah jam aktivitas masyarakat, khususnya mereka yang menjalankan ibadah puasa. Para pelaku bisnis tentunya harus bisa menjadi lebih adaptif dalam menyesuaikan kebutuhan konsumen tersebut.

Baca Juga: Promo KFC The Best Thursday 23 Februari 2023, Hemat 7 Ayam Cuma Rp 90.000

“Saat Ramadan, jam sibuk restoran tentunya mengalami perubahan. Untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan, kami juga menambah jumlah karyawan cadangan sehingga Ayam Gepuk Pak Gembus bisa tetap buka selama jam sahur,” ungkap Maria.

Kedepannya, bisnis yang telah memiliki lebih dari 500 outlet di seluruh Indonesia ini berkomitmen untuk terus melakukan ekspansi ke berbagai kota yang ada di Indonesia.

Selain itu, Ayam Gepuk Pak Gembus juga akan terus fokus menjaga konsistensi kualitas rasa dan melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan para pelanggan setianya untuk terus menjaga eksistensi bisnisnya secara jangka panjang.

Baca Juga: Promo AW Restoran Edisi 3-5 Maret 2023, Beli 5 Ayam Gratis 1 Deluxe Burger

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News