HOME, Bugar

Awas, Konsumsi Vitamin C Berlebih Bisa Overdosis loh!

Awas, Konsumsi Vitamin C Berlebih Bisa Overdosis loh!

MOMSMONEY.ID - Pandemi covid-19 membuat sebagian orang mulai mempersiapkan gaya hidup sehat termasuk dalam mengkonsumsi sumber vitamin. Salah satu sumber vitamin yang ampuh untuk melindungi tubuh melawan virus covid-19 itu adalah vitamin C, yang memang bertugas untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Vitamin C ini termasuk sebagai vitamin yang larut air, dan digunakan oleh sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan, termasuk ketika melawan infeksi virus covid-19. Merujuk informasi dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, vitamin C juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya dan polusi udara.

Baca Juga: Yuk, Siapkan Lahan agar Bisnis Tanaman Datangkan Cuan

Konsumsi vitamin c juga dapat membuta kulit nampak lebih segar dan terlihat lebih menawan. Namun konsumsi vitamin c harus sesuai kebutuhan dengan dosis yang tepat. Maklum, tubuh memiliki batas maksimal untuk menyerap asupan vitamin C. Mengkonsumsi vitamin C secara berlebih akan berbahaya bagi tubuh, dan tidak jarang mendatangkan penyakit.

Menurut praktisi nutrisi, batas maksimum konsumsi vitamin C untuk orang dewasa setiap harinya tidak boleh melebihi 2000 mg. Hanya saja, dipengaruhi oleh tingkatan usia dan gaya hidup masing-masing, kebutuhan vitamin C setiap orang bisa saja berbeda-beda. Dalam hal ini praktisi gizi sepakat bahwa dosis harian yang disarankan adalah 45 miligram per hari. Sedangkan batas dosis yang masih dapat ditoleransi oleh tubuh sampai dengan 2000 miligram per hari.

Gangguan Kesehatan Akibat Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Risiko Diare dan Muntah-muntah

Vitamin c juga tergolong sebagai zat yang mudah larut, sisa pencernaan vitamin C yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dilarutkan melalui air seni. Sisa pencernaan vitamin C yang berlebih yang disalurkan melewati usus untuk dibuang justru menimbulkan permasalahan pada pencernaan

Penyakit Batu Ginjal

Risiko dalam mengonsumsi vitamin C secara berlebihan lainnya adalah, meningkatkan oksalat dalam uri. Hal tersebut dapat menghasilkan batu ginjal kalsium oksalat.

Risiko Diabetes

Selain itu, konsumsi yang berlebihan vitamin C juga memiliki efek kadar gula dalam darah, dan meningkatkan risiko ke penyakit diabetes. Bagi Anda yang sudah terjangkiti diabetes sebaiknya perlu memerhatikan asupan suplemen vitamin C Anda.

Gangguan pada Proses Pengobatan Kanker

Vitamin C diketahui sebagai salah satu pencegah tumbuhnya kanker. Namun ternyata jika vitamin C mengalami kelebihan juga bisa menjadi penghambat proses penyembuhan penyakit kanker.

Gangguan pada Kulit

Baca Juga: Cabai Carolina Reaper, Cabai Terpedas di Dunia

Pemberian vitamin C secara langsung pada kulit akan memicu timbulnya alergi, ruam dan iritasi pada kulit jika tidak tepat dosis.

Oleh karena itu sangat penting untuk memahami dosis tepat vitamin C yang sesuai kebutuhan agar  Vitamin C mampu memberikan fungsi maksimal pada tubuh. Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari beragam sayur dan buah dibandingkan dari suplemen vitamin C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News